Beriklan melalui Jasa Instagram Ads menjadi salah satu kewajiban bagi Anda pemilik bisnis. Dengan jumlah pengguna yang tinggi, Instagram ads menjadi platform iklan yang potensial untuk menjangkau konsumen secara luas.
Di Indonesia sendiri, jumlah pengguna Instagram pada April 2022 mencapai 99,9 juta dan menempatkan Indonesia di peringkat keempat sebagai pengguna Instagram terbanyak. Hal ini membuat Instagram ads menjadi kegiatan yang sangat efektif sebagai media profesi.
Apa Itu Instagram Ads?
Instagram ads adalah platform iklan yang dikelola oleh media sosial Instagram. Fitur ini memungkinkan pemilik iklan memasarkan produknya melalui feed Instagram dan Instagram Stories.
Jika sebelumnya Anda sudah familiar dengan Facebook ads atau pembuatan iklan di Facebook, maka membuat iklan di Instagram pasti tidak akan sulit. Dengan demikian, langkah-langkah membuat Instagram ads ini hampir mirip dengan cara membuat Facebook ads.
Sama seperti syarat membuat Facebook ads, Anda juga harus mempunyai akun Facebook dulu untuk membuat Instagram ads. Setelah memahami pengertiannya, kali ini akan dibahas bagaimana cara membuat iklan dari platform Instagram.
Bagaimana Cara Membuat Instagram Ads?
Pembahasan berikut akan menjelaskan cara membuat Instagram ads untuk mempromosikan produk. Namun sebelum itu, pastikan Anda sudah punya halaman Instagram bisnis terlebih dulu agar proses pengelolaan iklan menjadi lebih mudah.
1. Buka Halaman Facebook Ads Manager
Langkah pertama adalah buka laman Facebook Ads Manager dan login ke akun Facebook yang sudah terintegrasi dengan Instagram.
2. Buka Pembuatan Iklan Terpandu
Buka opsi menu ‘Kampanye’ dan klik ‘Buat Iklan’. Facebook akan menampilkan dua pilihan pembuatan iklan, yaitu ‘Pembuatan Iklan Terpandu’ dan ‘Pembuatan Iklan Cepat’. Kenapa demikian? Karena pembuatan iklan terpandu akan menghasilkan iklan yang lebih spesifik sehingga mampu meningkatkan reach produk yang diiklankan.
3. Tentukan Tujuan Iklan
Langkah selanjutnya, tentukan tujuan iklan yang ingin dibuat. Facebook Ads Manager menyediakan tiga kategori tujuan iklan yang berbeda, yaitu Kesadaran, Pertimbangan dan Konversi. Setelah menentukan tujuan iklan yang paling cocok, klik pilih atau klik tujuan iklan yang sesuai dengan bisnis Anda.
4. Pilih Jenis Iklan
Facebook menyediakan dua pilihan jenis iklan online, yaitu Pengoptimalan Anggaran dan Uji Split. Anda harus memilih salah satu dari kedua pilihan jenis iklan ini karena keduanya tidak bisa digunakan secara bersamaan.
Pada jenis iklan Uji Split, Anda akan membuat dua iklan dengan konten yang sama. Namun target audience Instagram ads akan terbagi menjadi dua sehingga akan menghasilkan dua iklan berbeda. Dengan begitu, Anda bisa melihat konten iklan mana yang meraih lebih banyak trafik. Sayangnya, jenis iklan ini memerlukan dana yang lebih besar.
Berbeda dengan jenis iklan Pengoptimalan Anggaran, penggunaannya tidak membutuhkan biaya yang mahal, namun efektivitasnya tidak sebaik Uji Split. Pada langkah ini, Anda juga perlu menentukan anggaran dari setiap Instagram ads yang dibuat.
5. Tulis Nama Iklan dan Pilih Tujuan Trafik
Langkah berikutnya adalah klik nama iklan agar bisa mengecek performa iklan di Instagram Ads. Kemudian pilih tujuan trafik iklan, Facebook menawarkan pilihan tujuan trafik ke website, aplikasi, Messenger atau WhatsApp.
6. Tampilkan Promo
Jika hendak menawarkan promo di bisnis Anda, klik pilihan promo untuk menampilkan promo tersebut sehingga iklan bisa lebih dipromosikan.
7. Tentukan Target Audience
Seperti telah disebutkan, Instagram ads membuat Anda bisa menentukan spesifikasi target audience atau penonton iklan tersebut berdasarkan ketujuh aspek di bawah ini:
1). Pemirsa Khusus
Anda bisa mengatur jangkauan audience atau orang-orang yang pernah berhubungan dengan bisnis Anda secara online maupun offline. Anda pun bisa mengarahkan iklan kepada orang-orang yang pernah berinteraksi dengan halaman Facebook Anda, mengunjungi website, hingga orang-orang yang pernah melakukan panggilan ke nomor telepon Anda.
2). Lokasi
Di sini, pengiklan bisa menentukan lokasi target iklan dengan memasukkan lebih dari satu negara, wilayah, kota, kabupaten, kode pos, sampai dengan alamat yang spesifik.
3). Umur
Pemilik iklan bisa menentukan tujuan iklan yang dibuatnya untuk audience usia berapa.
4). Bahasa
Pengiklan bisa memasukkan bahasa pengguna suatu negara atau wilayah yang menjadi target penonton.
5). Jenis Kelamin
Pada pilihan ini, Anda bisa memasukkan jenis kelamin yang sesuai dengan target audience. Sehingga mampu menargetkan audience Instagram ads yang lebih spesifik.
6). Koneksi
Pemilik iklan juga dapat menentukan target audience yang tergabung dalam koneksi atau kelompok yang sama.
7). Penargetan Terperinci
Terakhir, pengiklan bisa menentukan target audience Instagram ads berdasarkan minat penonton iklan.
8. Pilih Penempatan
Langkah berikutnya adalah pilih penempatan otomatis. Nantinya, iklan Anda akan tampil di aplikasi yang bekerja sama dengan Facebook. Jika Anda ingin menampilkan iklan hanya di Instagram, pilih Edit Penempatan dan centang opsi Instagram saja.
9. Tentukan Jadwal Tayang
Kemudian, tentukan berapa lama iklan akan ditayangkan. Anda bisa sesuaikan jadwal tayang sesuai anggaran.
10. Hubungkan Dengan Akun Instagram
Pada bagian ini, Anda perlu menambahkan akun Instagram ads yang ingin dihubungkan dengan halaman Facebook Anda. Ada baiknya tambahkan akun Instagram yang dibuat khusus untuk mempromosikan bisnis Anda.
11. Pilih Format Iklan
Langkah selanjutnya adalah memilih format iklan Instagram ads yang sesuai kebutuhan. Tersedia beberapa format iklan, antara lain gambar tunggal, koleksi, tayangan slide, karosel dan video tunggal.
12. Buat Teks Deskripsi Iklan
Pada bagian ini, tuliskan teks deskripsi iklan Anda. Buatlah deskripsi singkat yang menarik audience agar mereka bisa langsung tujuan iklan tersebut.
13. Pilih Gambar, Buat Judul dan Cantumkan Link
Masukkan gambar sesuai dengan deskripsi iklan yang Anda buat. Setiap format Facebook ads membutuhkan ukuran gambar yang berbeda-beda. Tambahkan juga judul iklan yang menarik target audience dan masukkan link website atau tautan yang dituju.
14. Lakukan Pembayaran
Terakhir lakukan pembayaran melalui kartu kredit atau debit. Setelah menyelesaikan pembayaran dan memenuhi syarat serta ketentuan yang berlaku, Facebook akan mereview iklan Anda dan menayangkannya.
Berapa Biaya Iklan di Instagram?
Harga iklan di Instagram ads bervariasi sesuai dengan pilihan jenis iklan. Nantinya, besaran dana yang dikeluarkan ini akan mempengaruhi jangkauan target audience dan masa penayangannya.
Sama halnya dengan Facebook ads, biaya untuk membuat iklan di Instagram ads juga terjangkau yaitu sekitar Rp 25.000 untuk menayangkan iklan selama satu hari. Semakin banyak dana yang dialokasikan, maka semakin luas pula jangkauan audience yang didapat.
Selain itu, Anda juga bisa menganggarkan dana iklan dalam kurun waktu tertentu. Misalnya, dana yang dianggarkan untuk beriklan di Instagram sebesar Rp 500.000 untuk penayangan satu minggu. Sementara untuk metode pembayaran bisa menggunakan kartu debit ataupun kredit.
Baca juga : Harga Memasang Ads di Instagram dan Manfaatnya
Apa yang Harus Dipersiapkan untuk Instagram Ads?
Setelah mengetahui pengertian dan cara membuat Instagram ads, Anda juga perlu tahu mengenai persiapan yang perlu dilakukan dalam beriklan di Instagram melalui Facebook ads. Cara ini merupakan cara yang sangat efektif dan sederhana dalam membuat Instagram ads. Simak persiapannya berikut ini:
1. Buat Tujuan Iklan
Sebuah campaign atau kampanye iklan tidak akan berjalan dengan baik jika tidak menentukan terlebih dahulu apa tujuannya. Oleh karena itu, menentukan tujuan iklan menjadi persiapan pertama yang perlu Anda lakukan saat akan membuat Instagram ads.
Setelah itu, Facebook akan membantu pengiklan menentukan format iklan, auto optimization dan bidding option agar sesuai dengan tujuan campaign yang dibuat. Di bawah ini adalah daftar campaign objectives Facebook Ads Manager yang bisa digunakan untuk Instagram ads.
- Traffic
- Brand awareness
- Local awareness
- Video views
- Engagement
- Reach
- Conversions
- All installs
- Lead generation
- Store visits
- Product catalog sales
2. Tentukan Judul Iklan
Persiapan selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah membuat judul untuk iklan. Ketika Anda memberikan judul atau nama untuk Instagram ads, jangan lupa untuk sertakan perkiraan tanggal iklan akan berlangsung. Hal ini bertujuan agar Anda dapat merekam data dan mengolahnya supaya dapat diperbaiki di kemudian hari.
3. Mengatur Target Audience
Pada bagian ini, Anda dapat membuat target audience baru atau menggunakan target audience yang sebelumnya sudah ada. Jadi tidak perlu terburu-buru dalam menentukan target audience iklan yang Anda buat karena audience merupakan elemen penting dalam memasang sebuah iklan.
Selain dapat menentukan efektivitas dari iklan yang dibuat, target audience juga mempengaruhi biaya iklan yang harus dikeluarkan nantinya.
4. Menentukan Penempatan Iklan
Selanjutnya, Anda juga perlu mengatur penempatan iklan. Selain di Instagram, Anda juga dapat memilih beberapa media lain untuk menempatkan iklan tersebut.
5. Menentukan Anggaran
Persiapan lain yang tidak boleh Anda lewatkan adalah mengatur dan menentukan anggaran untuk Instagram ads. Anda bisa memilih biaya iklan mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 10.000.000 per hari. Jumlah anggaran dana yang dipilih tentunya mempengaruhi jangkauan audience dan masa penayangan iklan Anda.
Tips Membuat Iklan di Instagram Ads
1. Memaksimalkan Fitur Instagram Stories
Instagram Stories adalah fitur yang menampilkan postingan foto atau video selama 24 jam. Setelah berakhir 24 jam, postingan stories akan otomatis terhapus. Meskipun durasi Instagram Stories relatif pendek, fitur ini bisa menjadi sumber trafik iklan Anda.
Pasalnya, pengguna cenderung tertarik melihat Instagram Stories karena cara kerja fitur ini yang menampilkan tayangan beruntun. Sehingga Instagram ads Anda akan muncul di antara stories tersebut.
2. Visual adalah Kunci
Instagram adalah media sosial yang menitikberatkan konten visual. Berbeda dengan media sosial lain yang memungkinkan penggunanya untuk memposting tulisan saja. Dalam hal ini, pengiklan dituntut menampilkan iklan dengan visual semenarik mungkin.
3. Buat Iklan yang Natural
Selain membuat konten dengan visual yang menarik, hal penting lain yang harus diperhatikan dalam membuat Instagram ads adalah natural di mata target audience. Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu mengenai target audience Anda.
Kemudian cari tahu konten seperti apa yang biasa mereka lihat dan sukai di Instagram. Setelah memahami minat dan kebiasaan target audience, Anda bisa mudah membuat konten yang natural dengan kesan seolah-olah bukan iklan ketika melihatnya.
Tingginya pengguna Instagram membuat para pemilik bisnis harus menguasai cara beriklan di media sosial ini. Sebagai pemilik bisnis, Anda bisa memanfaatkan keramaian tersebut sebagai ladang untuk mendulang keuntungan.
Cara membuat Instagram ads merupakan langkah awal untuk menjangkau konsumen Anda secara online. Kini Anda bisa menggunakan layanan Jago Marketing untuk beriklan di Instagram dan dapatkan layanan terbaik untuk mendapatkan audiens sebanyak mungkin.
Baca juga : Tips Memilih Jasa Pemasangan Ads di Instagram