Di era digital ini, segala sesuatu bisa dilakukan menggunakan internet, salah satunya menggunakan aplikasi untuk digital marketing. TikTok merupakan salah satu aplikasi yang banyak digunakan untuk promosi produk atau jasa, menggunakan fitur live streaming TikTok Shop.
Live streaming di TikTok kini banyak dilakukan oleh para pelaku usaha atau bisnis, sebagai upaya untuk mempromosikan produk mereka. Terlebih kini TikTok menjadi salah satu aplikasi media sosial dan hiburan, yang paling banyak digunakan oleh berbagai kalangan masyarakat di dunia.
Betul, tidak hanya di Indonesia, TikTok digunakan hampir di seluruh dunia. Oleh karena itu, melakukan live streaming di TikTok untuk promosi adalah salah satu cara cerdas untuk memperluas jangkauan marketing, dan berpeluang besar mendatangkan banyak pelanggan.
Lalu Bagaimana Cara Live Streaming TikTok Shop?
Tentu saja, live streaming menggunakan TikTok Shop mungkin saja suatu hal baru bagi sebagian orang. Oleh karena itu, ada banyak orang yang belum mengetahui caranya. Jika kamu ingin mencoba melakukan live streaming TikTok, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.
1. Install Aplikasi TikTok
Pastikan kamu sudah mendownload aplikasi TikTok, dan sudah menginstalnyapada smartphone kamu. Kamu bisa mendapatkannya di Playstore ataupun aplikasi download lainnya.
Kemudian buat akun kamu, menggunakan akun Google. Setelah akun jadi, kamu bisa melakukan login ke akun TikTok yang barusan kamu buat. Setelah masuk, kini kamu bisa melakukan banyak hal menggunakan berbagai macam fitur yang disediakan oleh TikTok.
2. Masuk Pada Fitur Live Streaming
Kamu bisa mencari tombol live, lalu klik dan selanjutnya tulislah judul live yang akan kamu lakukan. Pastikan judul tersebut menarik, sehingga mengundang banyak orang untuk menonton live kamu.
Semakin sering live, dan semakin banyak peminatnya, maka akan berbanding lurus dengan banyaknya penjualan. Oleh karena itu, lakukan live streaming ini dengan sebaik mungkin untuk mendapatkan atensi dari para pelanggan atau penonton.
3. Mulai Live Streaming
Setelah itu, kamu hanya perlu menekan tombol go live, untuk melakukan siaran langsung. Namun jika ingin melakukan beberapa perintah saat sedang live, kamu bisa memencet titik tiga pada bagian atas layar live kamu.
Pada fitur titik tiga tersebut, kamu bisa mengganti arah kamera, filter komentar, menambah efek pada layar live, dan perintah lainnya, yang bisa kamu gunakan untuk menunjang daya tarik dari live streaming TikTok yang sedang kamu lakukan.
4. “X” Untuk Mengakhiri Live Streaming
Setelah melakukan live, maka untuk mengakhirinya, kamu bisa mengklik kamu atau ikon silang “X” pada layar live kamu. Tayangan live streaming di TikTok ini dibatasi, hanya sampai 8 jam.
Tapi pada dasarnya, memang tidak disarankan untuk melakukan live TikTok dalam durasi yang lama. Hal tersebut justru akan menurunkan daya tarik pelanggan untuk menonton live kamu. Upayakan live yang singkat, namun berbobot, dan pastinya dirancang semenarik mungkin.
Bagaimana Cara Menarik Banyak Penonton Melalui Streaming TikTok Shop?
Selain langkah-langkah live streaming seperti yang sudah dipaparkan di atas, kamu juga harus memahami bagaimana strategi untuk mendapatkan banyak penonton ketika toko kamu sedang live streaming.
Intinya, kamu harus mampu bersaing dengan penjual lainnya. Misalkan saja dengan membuat live streaming yang menarik, menyenangkan, dan mudah diingat oleh para penonton. Bagaimana caranya? Kamu bisa mengikuti beberapa tips atau strategi di bawah ini.
1). Waktu yang Tepat Untuk Live Streaming
Pemilihan waktu menjadi hal yang sangat penting sebelum kamu memulai live streaming di akun TikTok kamu. Pikirkan waktu yang memungkinkan banyak orang sedang menggunakan TikTok, sehingga banyak penonton yang bergabung.
Jangan melakukan TikTok ketika larut malam, atau di tengah hari, kecil kemungkinan di waktu-waktu tersebut, orang sedang membuka TikTok. Maka coba live streaming di sore hari, saat dimana seseorang sudah lebih santai, dan kemungkinan membuka TikToknya lebih besar.
2). Perhatikan Durasi Live Streaming
Durasi live yang terlalu lama justru akan membuat penonton bosan. Cukup live dalam 25 hingga 30 menit saja, supaya fokus atau perhatian penonton belum terpecah, dan masih memiliki ketertarikan dengan penjelasan yang kamu berikan.
Durasi yang terlalu lama juga akan membuat penonton meninggalkan live kamu sebelum berakhir. Dampak lebih buruknya adalah, penonton mungkin tidak akan kembali menonton live kamu lagi besok, karena alasan durasinya yang terlalu lama.
3). Jelaskan Produk Dengan Baik
Hal ini merupakan salah satu hal pokok yang harus kamu perhatikan. Jangan hanya melakukan langkah-langkah di atas. Poin terpenting dari live TikTok Shop adalah mampu mengenalkan, mendeskripsikan, atau menawarkan produk kamu dengan baik ke penonton.
Gunakan bahasa yang santai saja, tapi tetap sopan, ucapkan dengan jelas, agar mudah dimengerti. Jelaskan secara detail kelebihan-kelebihan atau keunikan dari produk yang kamu jual.
Mulai dari bahan yang digunakan, kualitas jahitan, model atau desainnya, ornamen yang digunakan, dan lain sebagainya. Semakin detail kamu menjelaskan mengenai produk yang kamu jual, maka kepercayaan ketertarikan pelanggan akan lebih besar.
Selain penjelasan yang baik dan mendetail, kamu juga bisa menjelaskan produk kamu dengan cara yang unik, dan menarik. Selain untuk menarik perhatian para penonton, cara ini juga akan membuat toko atau acara live kamu mudah diingat oleh banyak orang.
4). Tawarkan Diskon Untuk Para Pembeli
Salah satu strategi ampuh menarik penonton adalah dengan memberikan diskon, sesekali juga boleh jika kamu memberikan giveaway kepada penonton setia live kamu. Dengan memberikan diskon, besar kemungkinan penonton akan kembali lagi menonton live kamu selanjutnya.
Kamu juga bisa menawarkan diskon kepada penonton yang membeli produk kamu langsung saat live kamu sedang berlangsung. Hal ini pasti akan membuat semakin banyak pelanggan toko kamu yang menantikan live TikTok dari toko kamu.
5). Lakukan Interaksi Dengan Penonton
Kamu juga harus berusaha aktif berinteraksi dengan penonton, sehingga tidak hanya menjelaskan panjang lebar produk kamu saja. Kamu bisa menanggapi komentar-komentar yang ada di kolom komentar.
Hal ini akan membuat suasana live kamu terasa ramai, dan hidup, karena adanya interaksi antara kamu dengan penonton. Kamu juga bisa melontarkan pertanyaan-pertanyaan yang nantinya akan dibalas oleh penonton menggunakan kolom komentar.
Apa Syarat yang Harus Dipenuhi Agar Bisa Live TikTok Shop?
Fitur live ini ternyata tidak bisa dipakai begitu saja, artinya ada persyaratan yang ditetapkan oleh perusahaan TikTok, agar penggunaannya bisa melakukan live streaming. Apa saja syarat suatu akun TikTok bisa melakukan live streaming?
1. Sudah Memiliki Minimal 1000 Followers
Kebijakan TikTok mengharuskan fitur live streaming ini hanya bisa muncul di akun pengguna TikTok yang followersnya sudah mencapai 1000 followers. Jika belum mencapai 1000 followers, fitur “+” pada TikTok hanya akan membawa kamu ke opsi “Go Live”.
Berbeda dengan live streaming yang bisa dilakukan dalam durasi yang panjang, Go Live merupakan fitur yang menyediakan mini live, yaitu hanya 60 detik, 15 detik, dan template. Promosi menggunakan Go Live bisa saja dilakukan, namun akan terhambat durasi yang singkat.
2. Usia Sudah Lebih Dari 16 Tahun
TikTok akan mengetahui usia dari penggunaannya berdasarkan data yang dimasukkan saat mendaftarkan akun TikTok. Jika pada saat membuat akun, ternyata tahun lahir yang kamu masukkan terlalu muda, sehingga kamu di bawah 16 tahun, maka kamu tidak bisa melakukan live.
Tujuan dari ketentuan ini agaknya, agar live TikTok ini tidak dilakukan oleh pengguna di bawah umur, karena cenderung terlalu berisiko. Oleh karena itu, pihak TikTok memberikan batasan umur untuk pengguna yang boleh menggunakan fitur live.
3. Sudah Mengupdate TikTok Versi Terbaru
Fitur live ini memang bukan fitur lama yang sudah ada sejak TikTok muncul. Fitur live ini merupakan salah satu fitur baru yang diberikan oleh TikTok, sehingga pengguna bisa melakukan live streaming untuk tujuan apapun, salah satunya adalah untuk promosi bisnis atau usaha.
Jika kamu belum mengupdate aplikasi TikTok pada aplikasi versi terbaru, maka segera update agar kamu bisa menikmati fitur live yang disediakan oleh TikTok.
Apa Keuntungan Menggunakan Jasa Live Streaming TikTok?
Jika kamu ingin mencoba strategi live streaming di TikTok untuk mempromosikan bisnis kamu, kamu bisa menggunakan jasa live streaming TikTok. Keuntungan menggunakan jasa live streaming adalah sebagai berikut ini:
1. Memaksimalkan Peluang dan Keuntungan
Jasa live streaming mampu menarik minat pelanggan dengan kemampuan komunikasi yang baik, perancangan konten yang menarik, serta membangun hubungan engagement menjadi suatu kebutuhan.
2. Membantu Proses Live Streaming
Seperti penjelasan di atas, untuk bisa melakukan live streaming di TikTok, dan mungkin aplikasi lainnya, ada syarat-syarat yang harus dipenuhi. Karena fitur live streaming tidak bisa digunakan secara umum begitu saja.
Oleh karena itu, jika kamu menggunakan jasa live streaming maka kamu juga akan dibantu untuk mempersiapkan live streaming kamu, dan bahkan akan dilatih bagaimana cara melakukan live streaming yang baik dan menarik.
3. Bisa Melakukan Live Streaming Secara Teratur
Jika kamu menggunakan jasa live streaming TikTok, kamu bisa melakukan live untuk promosi produk kamu secara teratur. Misalkan 2 atau 3 kali dalam seminggu, semakin sering live, maka peluang untuk mendapatkan lebih banyak penonton juga semakin besar.
4. Punya Konten yang Menarik
Terbayang bagaimana jadinya jika kamu harus mengurus bisnis, ditambah mengurusi editing konten live streaming TikTok. Pasti melelahkan dan menyita banyak waktu. Oleh karena itu, keberadaan jasa live streaming benar-benar membantu kamu.
Terlebih lagi, konten yang dihasilkan juga berkualitas. Mulai dari peralatan yang digunakan, konsep pembuatan konten, hingga kualitas editing konten, dan penayangan. Semuanya akan disediakan, dan kamu tidak perlu memusingkannya.
Live streaming TikTok Shop memang menarik dan menyenangkan untuk dilakukan. Namun kamu juga harus mempertimbangkan waktu dan tenaga yang harus tersita untuk mengolah konten. Oleh karena itu, lebih baik jika menggunakan jasa pembuatan live streaming TikTok yang profesional.
Selain jasa live streaming TikTok untuk promosi, kamu juga bisa mendapatkan layanan digital marketing lainnya, dengan mengakses https://jagomarketing.id/. Disini kamu juga bisa belajar lebih dalam mengenai strategi digital marketing, agar menarik banyak pelanggan.
Baca juga : 10 Ide Konten TikTok untuk Pemula