Kata-Kata Buat Konten TikTok

Kata-Kata Buat Konten TikTok untuk Menarik Audiens

TikTok merupakan sosial media yang fokusnya ada pada video pendek, namun bukan berarti tidak ada deskripsi dalam bentuk teks. Perlu adanya kata-kata buat konten TikTok untuk memperkuat pesan yang ingin disampaikan dalam video.

Deskripsi atau yang disebut dengan caption ini berisi teks yang memperjelas adegan atau cerita dalam video. Begitu juga dengan tambahan hashtag untuk mempermudah pencarian konten. Bagaimana cara membuat deskripsi ini menarik, bisa kamu simak di sini.

10 Tips Menciptakan Kata-Kata Buat Konten TikTok

Jasa TikTok Ads untuk bisnis online

Fungsi dari caption ada banyak selain memperkuat isi konten. Kamu bisa menambahkan deskripsi yang tujuannya sebagai call to action (CTA). Tujuannya supaya audien TikTok bisa menghubungi bisnis kamu berdasarkan konten yang mereka tonton.

Misalnya kamu membuat iklan di TikTok, maka untuk mempermudah audien mendapatkan kontak customer service perlu ditambahkan di bagian caption ini. Perlu diperhatikan juga bahwa penulisan caption ini tidak bisa sembarangan.

Dibutuhkan kata-kata yang menarik serta sejalan dengan konten video. Bagaimana cara membuatnya agar lebih menarik, kamu bisa ikuti ketujuh tips ini.

1. Buat Kata-Kata Pendek dan Bebas Typo

Kata-kata yang dituliskan haruslah berisi informasi penting sehingga membutuhkan kalimat efektif dan mudah dipahami. Jika terpaksa harus menuliskan cerita panjang, maka kuasai kemampuan menulis storytelling.

Kalimat yang efektif dan menarik ada di bagian pertama sebagai penekanan pesan. Karena kalimat itulah yang akan muncul ketika video konten pertama kali diputar. Sehingga akan mengundang rasa penasaran audien untuk membacanya lebih lanjut.

Penulisan deskripsi ini sebaiknya adalah 70 kata atau 2.200 karakter tidak lebih. Selain singkat, kata-kata juga bebas dari kesalahan pengetikan. Tujuannya agar lebih enak dibaca dan menandakan kamu profesional dalam membuat konten.

2. Menyesuaikan dengan Target Audience

Siapakah target penonton dalam video konten yang kamu buat? Target ini jadi bahan pemilihan bahasa yang tepat. Jika kamu adalah pemilik bisnis, maka target ini adalah target konsumen jadi akan lebih mudah untuk menentukan gaya bahasa penulisannya.

Berdasarkan target audien, kamu bisa mengetahui permasalahan apa yang sedang dihadapi, tujuan melihat konten hingga kesukaan. Maka isi kata-kata dapat dituliskan secara spesifik.

Lebih mudah lagi adalah mengandalkan TikTok Insight yang akan memperlihatkan wawasan soal konsumen. Kamu juga bisa menganalisa target yang dituju secara terperinci.

3. Membuat Kata dalam Bentuk Pertanyaan

Pertanyaan merupakan pancingan yang dapat mengena di benak penonton sehingga menimbulkan aksi seperti komen. Kamu bisa memberikan pertanyaan dalam deskripsi yang jawabannya ada di kolom komentar.

Kamu harus membuat pertanyaan yang dapat membuat penonton merenungkannya atau mencari tahu seperti apa pengalaman menyenangkan atau justru menyedihkan. Misalnya kamu membuat konten yang mengunjungi SeaWorld.

Maka pertanyaan yang diberikan bisa berupa, ‘Kapan terakhir kali kamu pergi ke SeaWorld?’. Penonton akan membagikan pengalaman mereka di kolom komentar. Bisa juga pertanyaan tentang insiden penggunaan kosmetik atau barang lainnya.

4. Buat Kata-Kata Candaan

Konten hiburan yang bisa membuat tertawa juga bisa ditambahkan dalam deskripsi atau caption. Bahkan sebaliknya, kamu mungkin menampilkan konten video serius namun justru kata-kata yang diberikan berupa candaan. Kata-kata di sini akan bekerja sebagai punchline video.

Penting untuk diperhatikan dalam pembuatannya. Kata-kata ini harus benar-benar lucu sehingga membuat seseorang tertawa. Kamu bisa mempelajarinya dari berbagai sumber seperti buku berisi idiom komedi dan lain sebagainya.

5. Menuliskan Kata Aesthetic

Bukan hanya interior saja yang bisa dibuat aesthetic, tapi kamu juga bisa membentuknya dalam kata-kata di TikTok. Penulisannya sendiri bertujuan untuk membuat orang bisa merenungkan atau merasa tersanjung ketika membacanya.

Kata aesthetic ini berhubungan dengan kata-kata puitis atau pantun yang menerjemahkan cerita dalam video. Tulisan ini juga tidak perlu panjang asalkan terasa mendalam.

6. Memberikan Kata-Kata Motivasi

Tidak sedikit konten video TikTok yang berisi informasi perjuangan seseorang meraih keinginan atau cita-citanya. Meskipun dari segi video sudah bisa mencerminkan pesan yang ingin disampaikan namun melalui kata-kata kamu bisa memberikan ajakan atau motivasi.

Jika diterapkan dalam produk misalnya, kamu bisa membuat konten mengenai perjalanan produk hingga saat ini dan dikenal banyak orang. Berikan kata-kata yang bisa memberikan motivasi untuk meniru perjuangan tersebut.

Jangan lupa tambahkan audio yang mendramatisir video sehingga audien yang membaca caption akan semakin mengena. Tidak hanya hal yang mengharukan, berbagai emosi bisa diberikan dalam kata-kata motivasi ini.

7. Menciptakan Kata yang Romantis

Satu lagi kata-kata yang akan membawa suasana hati audien yaitu berhubungan dengan konten romantis. Deskripsi romantis ini akan memberikan perasaan bahagia kepada audien sehingga ingin terus menonton video konten.

Memberikan kata yang hiperbola namun mengarah ke kesan romantis bisa kamu lakukan. Jangan lupa sekali lagi untuk menyesuaikannya dengan tampilan video.

8. Memberikan Hashtag yang Sesuai

Pembuatan caption bukan hanya kata-kata yang mendeskripsikan video saja. Kamu juga perlu menambahkan hashtag yang nantinya mempermudah pencarian video konten. Hanya saja pemberian hashtag ini harus dilakukan dengan tepat.

Hashtag ini harus sesuai dengan isi konten atau berhubungan dengan cerita yang ingin disampaikan. Misalnya kamu menampilkan konten berisi tempat wisata. Maka hashtag yang diberikan bisa berupa #tempatliburan #liburanasyik #liburandibandung, dan masih banyak lagi.

9. Hubungkan dengan Isu yang Berlangsung

Kata-kata yang ditulis jika bisa dihubungkan dengan isu yang sedang berlangsung. Misalnya isu mengenai kenaikan BBM yang sedang berlangsung sehingga banyak harga barang jadi ikut meningkat. Maka kamu bisa membuat kata-kata yang mencerminkan kesusahan rakyat kecil untuk menarik simpati.

Bisa juga membuat kata-kata yang justru lucu dengan disambung video komedi juga. Hal ini akan memberikan penghiburan kepada pengguna TikTok.

10. Menciptakan Kata-Kata Quote

Quote juga bisa dijadikan deskripsi yang menarik bahkan menciptakan interaksi. Kamu bisa membuat quote sendiri atau justru mengutipnya dari orang lain atau sebuah buku. Bisa dibilang kata bentuk quote ini abadi dan sering digunakan karena efeknya bisa meningkatkan like.

Quote juga bisa dibuat dalam bentuk pertanyaan namun disertai jawabannya. Sesi tanya jawab ini juga akan membuat audien berpikir mengenai isi dari konten atau pesan yang disampaikan.

Bingung Membuat Kata-Kata di TikTok? Pakai Digital Agency Saja

Tidak semua orang mudah membuat kata-kata yang menarik untuk konten TikTok dan sosial media lainnya. Padahal kata-kata ini sangat penting untuk memberikan daya tarik dan juga CTA.

Kamu yang merasa kesulitan untuk membuatnya bisa langsung menghubungi Digital Agency. Apalagi jika tujuan konten adalah untuk pengembangan bisnis. Jasa Digital Agency tidak hanya membantu menuliskan kata-kata tetapi juga konten TikTok.

Begitu juga dengan sosial media lain seperti Facebook, Instagram hingga Google. Salah satu Digital Agency terpercaya yang bisa meningkatkan digital bisnis kamu adalah jagomarketing.id.

Pembuatan kata-kata buat konten TikTok, foto produk, SEO hingga edit video semuanya akan dibentuk. Penasaran seperti apa hasilnya, kamu bisa langsung menghubungi jagomarketing.id sekarang juga.

Baca juga : Tips Membuat Caption TikTok untuk Engagement Ampuh

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Sekarang