Search Engine Optimization atau SEO adalah teknik yang digunakan untuk mengoptimalkan performa website agar menduduki ranking teratas pada hasil pencarian di google. Salah satu langkah penting yang harus anda pahami adalah cara mencari keyword untuk SEO tersebut.
Keyword atau kata kunci akan berpengaruh terhadap performa website. Dengan keyword yang populer dan banyak dicari orang maka performa website akan naik, dan sebaliknya. Oleh karena itu, pemilihan keyword adalah hal yang sangat penting dalam teknik SEO.
5 Cara Mencari Keyword Untuk SEO
Menentukan keyword yang populer dan berpotensi dicari oleh banyak orang tidak bisa diputuskan begitu saja. Ada langkah – langkah atau strategi yang digunakan untuk mencari keyword yang berpotensi menjadi ranking pertama pada pencarian di google.
1. Menganalisis Volume Pencarian
Volume pencarian atau biasa disebut search volume adalah jumlah pencarian dari suatu kata kunci pada google dalam jangka waktu tertentu. Semakin banyak kata kunci tersebut dicari di google maka semakin besar potensinya untuk meningkatkan performa website.
Untuk melihat banyaknya pencarian untuk kata kunci tersebut, anda bisa menggunakan keyword tool, biasanya akan ditampilkan data dalam satu bulan terakhir. Itulah salah satu cara mencari keyword untuk SEO.
2. Menganalisis Saran Kata Kunci
Saran kata kunci atau biasa disebut keyword suggestion adalah kata kunci yang disarankan ketika anda mencari suatu kata kunci lain. Saran kata kunci ini biasanya masih berhubungan erat dengan kata kunci yang anda masukkan.
Kata kunci yang disarankan biasanya memiliki potensi yang besar menjadi kata kunci populer yang banyak dicari orang. Oleh karena itu, menganalisis saran kata kunci menjadi salah satu cara mencari keyword.
3. Menganalisis Tingkat Kesulitan Keyword
Tingkat kesulitan keyword atau keyword difficulty dapat diartikan sebagai tingkat kesulitan dari kata kunci tersebut untuk muncul pada halaman pertama atau menduduki ranking pertama pada pencarian google.
Pada keyword tool, skala kesulitannya adalah 0-100. Semakin besar angkanya, maka semakin tinggi pula tingkat kesulitannya untuk berada pada ranking pertama hasil pencarian google. Itulah mengapa perlu memahami cara mencari keyword agar tidak memilih keyword yang sulit.
4. Search Engine Result Page
Search Engine Result Page atau SERP adalah cara untuk menentukan keyword dengan melihat laman – laman yang menjadi ranking teratas pada pencarian google. Dengan melakukan SERP, anda bisa melihat kualitas atau kriteria seperti apa sehingga website – website tersebut berada pada posisi pertama.
Hal tersebut kemudian bisa anda analisis untuk diterapkan pada teknik SEO yang anda lakukan. Itulah mengapa penting sekali memahami cara mencari keyword untuk SEO.
5. Membuat Seed Keyword
Seed keyword bisa diartikan sebagai kata kunci utama atau unggulan, dari kumpulan keyword yang sudah anda analisis sebelumnya. Seed keyword inilah yang akan menjadi fokus pada setiap keyword yang akan digunakan pada konten website tersebut.
Kesimpulan
Demikian adalah informasi mengenai cara mencari keyword untuk SEO. Untuk menemukan keyword yang menarik, unik, populer, dan banyak dicari orang maka anda harus melakukan riset dan analisis seperti langkah – langkah di atas. Dengan cara itulah maka performa website anda akan meningkat.
SEO adalah salah satu teknik digital marketing. Jika anda ingin mendapatkan layanan digital marketing yang bisa menumbuhkan traffic website, memiliki target spesifik, berpengalaman, dan mampu memberikan layanan terbaik maka anda harus mengunjungi https://jagomarketing.id/
Baca juga : Memahami Apa Pentingnya Melakukan Digital Marketing SEO
Untuk informasi lebih lanjut mengenai digital marketing, SEO dan lainnya, hubungi: 081390777205