Seo checking dan cara kerjanya merupakan suatu teknik yang bisa Anda gunakan sebagai suatu bentuk atau strategi pemasaran online. SEO adalah akronim dari kata search engine optimization atau dalam bahasa Indonesia optimasi mesin pencari.
Pengetian SEO ini adalah suatu upaya atau langkah yang digunakan untuk meningkatkan rangking website di mesin pencarian seperti Google. Jika website berada di halaman pertama pencarian, maka jumlah traffic akan meningkat dan memiliki banyak pembaca.
Nyatanya penggunaan teknik ini pada website untuk promosi produk secara online memiliki dampak jangka panjang. Namun, penerapannya harus tepat dan sesuai dengan ketentuan mesin pencarian. Lalu bagaimana teknik ini bekerja sebagai sarana Promosi?
SEO Checking dan Cara Kerjanya
Sebelum mengetahui tentang SEO checking serta cara kerjanya, Anda perlu tahu bahwa dalam penerapannya pada sebuah website membutuhkan pendekatan berbeda dan berbeda dengan website perusahaan. Namun secara umum cara kerjanya seperti ini.
1. SEO Audit
SEO checking dan cara kerjanya yang pertama adalah SEO audit adalah suatu aktivitas dalam website sebagai hasil analisisnya. Dalam hal ini dapat melakukan analisis tentang kesehatan dan potensi website tersebut. Dalam melakukan tugas audit ini bisa melalui tools.
2. Keyword Research
Kedua adalah riset kata kunci. Riset kata kunci ini bertujuan untuk menemukan ide untuk mengisi konten ked ala website. Dalam hal ini akan ditampilkan pencarian yang banyak dicari dan apa yang sesuai dengan isi website Anda.
Ada beberapa langkah yang bisa ditempuh cara pertama menentukan isi konten yang relevan dengan bisnis Anda. Selain itu, harus disesuaikan dengan kebutuhan calon pelanggan yang dijadikan sebagai target pasar. dalam hal ini ada tiga hal penting untuk diperhatikan yakni jual beli, komparasi dan informasi.
Selanjutnya, dalam SEO checking dan cara kerjanya, Anda perlu memilih konten berdasarkan jenisnya. Misalnya memilih jenis konten bersifat musiman atau seasonal. Bisa juga memilih konten tahan lama atau evergreen.
Selanjutnya melakukan validasi pada semua kata kunci. Ini berguna agar Anda dapat mengetahui jumlah pencarian setiap bulannya dan tingkat persaingan pada setiap kata kunci di dalamnya.
3. SEO on Page
Cara kerja selanjutnya adalah berdasarkan SEO on Page. Ini adalah sebuah teknik dalam membantu mengoptimalkan halaman pada konten dalam sebuah website. Tujuannya adalah untuk mengetahui suka dari pengunjung dan mesin pencari.
Dalam hal ini pemilik website bisa tahu tentang kecepatan memuat, navigasi, struktur dan keamanan suatu website setelah dilakukan saat audit menggunakan tool khusus. Di sini, Anda akan mendapat informasi tentang hal yang perlu diubah dan diperbaiki di dalamnya.
4. SEO off Page
SEO checking dan cara kerjanya berikutnya adalah mengenai teknik SEO off Page. Dalam hal ini suatu situs dapat dioptimalkan dengan membangun serta meningkatkan authoritynya. Untuk penerapannya dengan menggunakan backlink atau link building.
Hal tersebut dapat ditempuh dengan cara mendapat banyak link dari website lainnya. Namun, tidak sembarang web melainkan harus memiliki niche atau topik relevan dengan bisnis Anda. Tidak hanya dari link building, ini juga dapat diterapkan melalui media sosial.
5. Evaluasi
Setiap tindakan yang telah di lakukan wajib di monitoring. Selain itu, evaluasi juga diperlukan dalam penerapan kerja SEO ini. bisa melalui berbagai tools. Salah satunya bisa lewat Google Search Console.
Menggunakan langkah ini akan membantu dalam mengetahui peringkat kata kunci dalam mesin pencari, jumlah klik ke website Anda serta presentase jumlah klik atau jumlah terlihatnya di dalam mesin pencari.
Saat ini pemasaran digital dapat ditempuh dengan beberapa cara. Salah satunya dengan memanfaatkan teknik SEO. Untuk itu, penting untuk memahami tentang SEO checking dan cara kerjanya.