SEO atau kepanjangan dari Search Engine Optimization adalah suatu cara yang dilakukan untuk mengoptimalkan website atau konten dengan tujuan membuat website atau konten tersebut berada di urutan teratas mesin pencari. SEO benefit amatlah besar bagi berkembangnya suatu bisnis, terutama jika itu merupakan bisnis UMKM atau Usaha Mikro Kecil Menengah.
Dengan berada di urutan teratas mesin pencari, ini akan menjadikan website bisnis atau produk yang ditawarkan lebih mudah diakses dan ditemukan oleh masyarakat. Nantinya, konversi dan pencitraan dapat dilakukan setelah produk berhasil menarik perhatian masyarakat. Semakin tinggi peringkat suatu website di mesin pencarian google, maka website tersebut akan mempunyai tingkat persentase klik atau kunjungan yang semakin tinggi pula.
Jadi, pada prinsipnya yakni strategi SEO dapat mengupayakan produk yang banyak dicari oleh pengguna mesin pencari google sehingga muncul di halaman pertama hasil pencarian. Jika website bisnis para pelaku bisnis UMKM ini muncul di halaman pertama, maka akan berpotensi besar memperoleh kunjungan yang ter target, dan pastinya berpeluang menghasilkan penjualan.
Peran dan SEO Benefit
Dengan menggunakan strategi SEO, produk UMKM akan lebih berpotensi besar dikenal oleh masyarakat luas, dan mampu bersaing secara sehat dengan produk lainnya. Dalam beberapa tahun belakangan ini, teknik ini menjadi amat terkenal sebab jumlah pengguna internet kian banyak dan mesin pencarian google semakin memiliki peran yang krusial dalam dunia bisnis di internet.
SEO ini memiliki benefit yang akan jauh lebih terasa untuk bisnis UMKM ketimbang dengan bisnis yang besar atau telah memiliki nama. SEO dapat menjadi andalan bagi pebisnis online pemula dengan modal minim, akan tetapi mempunyai ambisi dan tekad yang kuat untuk mencapai kesuksesan.
Benefit SEO Untuk Bisnis UMKM
Meningkatnya penjualan dan juga konversi merupakan outcome yang paling diharapkan dari operasi pemasaran apapun. Akan tetapi, jika sekadar berpikir bahwa hal tersebut merupakan satu-satunya keuntungan yang dapat diperoleh maka itu merupakan pemikiran yang terlalu sempit. SEO mampu memberikan berbagai dan beragam benefit dengan nilai yang tidak bisa diremehkan.
Teknik ini amat ramah untuk UMKM, khususnya jika pelaku bisnis ini merupakan seorang pemula. Selain itu, SEO memiliki teknik yang beragam yang dapat diterapkan merupakan sesuatu yang tidak bisa diremehkan. Teknik SEO ini punya pengaruh dalam jangka panjang, meskipun pengaruhnya tidak instan dan secepat bisnis dengan iklan berbayar.
Berikut ini adalah beberapa benefit SEO untuk bisnis UMKM yang perlu kamu ketahui.
1. Mudah Ditemukan
Pengaruh dari penerapan SEO pada bisnis yang nantinya bisa langsung kamu rasakan yakni berada di urutan teratas hasil pencarian di mesin pencari google. Dengan berada di urutan tersebut, produk dan bisnis kamu akan lebih mudah ditemukan. Mesin pencarian google sendiri merupakan media utama bagi masyarakat untuk melakukan pencarian beragam produk di internet. Penerapan SEO ini dapat membuat produk yang kamu jual benar-benar visible dan mudah diakses.
2. Target Spesifik
Penerapan SEO ini juga harus memanfaatkan kata kunci yang memiliki potensi guna membuat pengunjung yang datang ke website bisnismu nantinya menjadi calon konsumen potensial. Alih-alih memasarkan produkmu kepada orang yang sama sekali tidak memiliki ketertarikan pada bidang yang kamu tawarkan.
Penerapan SEO ini akan membuat produk yang dipasarkan menjangkau pada target pasar yang lebih spesifik. Nantinya, hal tersebut akan mengkonversi konsumen potensial atau peminat menjadi pembeli dengan lebih mudah.
3. Tingkat Konversi Lebih Besar
Selain itu, penerapan SEO ini memiliki benefit yang sangat berkaitan dengan citra merek dan target pasar yang spesifik. Karena lebih spesifik, kamu tidak akan kesulitan membuat orang yang siap beli menjadi konsumen potensial atau pembeli, bahkan menjadi pelanggan setia. Hal lain yang sebenarnya cukup menarik yakni orang ternyata lebih yakin pada produk yang menggunakan SEO dibandingkan dengan menggunakan PPC atau iklan berbayar.
4. Pencitraan Produk Lebih Efektif
Teknik SEO juga memanfaatkan konten yang berkualitas dan memiliki benefit, yakni sebuah strategi yang memberikan dampak jangka panjang. Apabila kamu mampu merilis konten yang berkualitas, maka ketertarikan pengunjung pada produk dan merek yang kamu tawarkan akan meningkat.
Citra produk akan melekat kuat dan memancing calon konsumen setiap kamu merilis produk baru. Produk yang kamu tawarkan tidak hanya dikenal luas namun juga akan menempel di kepala masyarakat yang mengunjungi website bisnismu.
5. Ujung Tombak Public Relation
Selain itu, SEO juga dapat berperan sebagai pelengkap atau ujung tombak dari Public Relation (PR). Walaupun sebenarnya sesuatu yang berbeda, akan tetapi keduanya saling berhubungan antara satu sama lain. Kombinasi antara cara mempublikasikan produk dengan tepat dan media publikasi atau influencer mana yang akan digunakan akan memberikan hasil yang jauh lebih baik. Apalagi, jika ditunjang oleh konten-konten yang sangat berkualitas.
6. Alat Analisis Komprehensif
Penerapan SEO tidak jarang melibatkan alat-alat atau program yang bisa mengumpulkan berbagai data dengan cepat dan mudah. Salah satu alat yang paling banyak digunakan yakni Google Analytics. Dengan melalui alat tersebut, kamu dapat memperoleh banyak informasi, diantaranya demografi pengunjung dan perilaku pengunjung. Nantinya, informasi tersebut akan penting dan sangat berguna untuk pengembangan bisnis.
7. Bersaing dengan Perusahaan Besar
Guna mengimbangi perusahaan besar dengan keunggulan di bidang finansialnya, SEO tentu bisa kamu andalkan untuk bisnismu. Coba perhatikan saja banyaknya perusahaan UMKM yang mampu bersaing dengan perusahaan besar walau dengan modal yang minim. Selain itu, dengan menggunakan teknik SEO dapat membuat bisnis tetap relevan meskipun tidak memanfaatkan media pemasaran digital yang mahal dengan hasil yang cepat.
8. Lebih Hemat
Untuk masalah faktor biaya mungkin menjadi faktor yang dominan bagi para pelaku bisnis UMKM dalam menentukan metode pemasaran digital mana yang akan dipilihnya. Biaya untuk penerapan teknik SEO pun juga tidak mahal. Meskipun kamu menggunakan jasa SEO profesional dan berpengalaman, biaya untuk iklan berbayar di internet bahkan bisa jadi lebih mahal.
Hal ini tentu saja merupakan sebuah keuntungan yang sulit ditahan oleh pemilik bisnis kelas kecil hingga menengah seperti UMKM. Tidak bisa dipungkiri, jika pengaruh dari penerapan teknik SEO tidak bisa dilihat dalam waktu dekat. Dibutuhkan kesabaran untuk bisa merasakan hasil SEO yang sebenarnya.
Namun, fakta tersebut tetap tidak bisa menutupi berbagai benefit dari SEO untuk bisnis UMKM yang telah dijelaskan di atas. Untuk para pelaku bisnis UMKM, SEO memberikan potensi dan keuntungan besar dengan biaya yang rendah dan ekonomis.
Rekomendasi Jasa SEO
Apakah kamu salah satu pelaku bisnis UMKM dan tertarik menerapkan teknik SEO untuk mengembangkan bisnismu? Tenang, kamu tidak perlu bingung untuk mencari jasa SEO yang terpercaya dan terbaik, sebab Jago Marketing menyediakan jasa SEO yang dijamin ampuh.
Jadi, kamu tidak perlu repot mencari jasa SEO untuk bisnis UMKM milikmu. Karena Jago Marketing siap menjadi partner strategi bisnismu. Kamu bisa konsultasi secara gratis dengan digital marketing specialist dari Jago Marketing. Kamu juga bisa melihat hasil portfolio serta review customer melalui laman Jago Marketing atau bisa klik disini. Segera dapatkan SEO benefit yang signifikan serta full service digital marketing dengan menggunakan jasa Jago Marketing!
Baca juga : Mengenal Istilah SEO Optimizer Tool dan Beserta Fungsinya