Cara Menggunakan Google Trends untuk SEO Terpercaya

Ingin memiliki web dengan jumlah pengunjung berlimpah? Bisa kok. Asal Anda tahu cara menggunakan Google Trends untuk SEO terpercaya. Jumlah visitor yang banyak akan membuat artikel berada di halaman pertama Google dan membuka peluang besar untuk orang-orang memasang iklan di web Anda.

Google Trends sendiri merupakan sebuah alat yang bisa digunakan untuk riset keyword atau riset produk yang sedang trending topik. Sudah ada sejak tahun 2006, alat ini terus dikembangkan dan fiturnya semakin banyak dari waktu ke waktu. Bagian terbaik lainnya adalah Anda bisa menggunakan secara gratis lho.

Fungsi Google Trends

Sebelum membahas cara menggunakan Google Trends untuk SEO terpercaya, berikut adalah empat kegunaan Google Trends yang perlu Anda tahu:

  • Tren regional (kata kunci yang sedang tren di lokasi / wilayah tertentu)
  • Tren kata kunci (kata kunci paling populer saat ini di hasil pencarian Google untuk membantu memahami jenis bahasa dari para target audiens Anda)
  • Tren terkait (tren terkait dari tema / topik yang sedang Anda cari, yang berguna untuk membantu menjangkau lebih banyak target market atau meningkatkan produk/jasa dari bisnis Anda)
  • Tren musiman (membantu melihat minat dari para target audiens secara musiman sehingga Anda bisa mempublikasikan konten yang lebih relevan di musim-musim tertentu).

Cara Menggunakan Google Trends untuk SEO Terpercaya

Cara pakai Google Trends sangat mudah kok. Tapi sebelumnya, sebagai langkah paling awal, Anda harus tahu dulu nih topik / tema apa yang ingin dianalisis. Jika sudah menentukan tema, ikuti langkah-langkah selanjutnya di bawah ini:

  • Buka https://trends.google.com/trends/ dari browser
  • Arahkah kursor ke bagian atas halaman di sisi kanan, tepatnya di ikon segitiga ke bawah untuk memilih lokasi negara. Pilihlah Indonesia.
  • Selanjutnya ketik kata kunci yang ingin dianalisis di tahun 2022 ini pada kolom yang sudah disediakan dan klik Enter.
  • Pada halaman selanjutnya situs akan menampilkan hasil penelusuran dalam 12 bulan terakhir.
  • Anda bisa ubah hasil penelusuran dengan mempersempit kategori dan mengubah waktu misalnya menjadi 7 hari terakhir.
  • Anda juga bisa mengubah jenis penelusuran mulai dari news search, web search, Google shopping, hingga Youtube search.
  • Masih pada halaman yang sama, akan ditampilkan juga grafik minat, wilayah mana saja di Indonesia yang paling tinggi peminat dengan kata kunci tersebut, kueri terkait, tema lain yang relevan dengan kata kunci, dan sebagainya.
  • Anda juga bisa cek kata kunci yang paling populer setiap harianya lho. Caranya dengan klik tiga garis horizontal (atau disebut juga dengan Sidenav icon) yang ada di sudut kiri halaman situs, lalu pilih menu Trending Searches (Penelusuran Trending).
  • Selanjutnya halaman akan menampilkan kata kunci paling tren di hari tersebut, dan jika Anda scroll ke bawah maka akan tampil tren kata kunci di hari sebelumnya, sebelumnya, dan hari sebelumnya lagi.

Cara Bandingkan Keyword dengan Google Trends untuk Bisnis

Jika ingin memastikan apakah suatu keyword lebih baik daripada keyword lainnya, maka Anda bisa langsung membandingkannya dengan fitur comparison yang ada di Google Trends dengan cara berikut:

  • Kembali ke halaman awal Google Trends di https://trends.google.com/trends/
  • Ketik kata kunci seperti cara di atas tadi dan Enter
  • Setelah terbuka halaman baru, klik ikon + pada kolom Bandingkan, lalu ketik kata kunci lain yang Anda pikirkan dan tekan Enter. Hasilnya akan muncul sama seperti penjelasan sebelumnya tadi dan Anda bisa melakukan analisa lebih lanjut.

Cara menggunakan Google Trends untuk SEO terpercaya termasuk mudah dan hasilnya sangat membantu dalam menaikkan konten di halaman pertama Google. Jika ingin lebih maksimal lagi, maka bisa menggunakan layanan SEO profesional dan berpengalaman dari jagomarketing.id dengan klik di sini.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai digital marketing, SEO , backlink dan lainnya, hubungi: 081390777205

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Sekarang