Instagram telah mencapai 1.386 juta pengguna aktif di tahun 2022 ini yang membuatnya menjadi platform ke-4 setelah WhatsApp. Fitur yang terus dikembangkan seperti reels Instagram, beriklan, sticker dan masih banyak lagi merupakan daya tarik utamanya.
Bahkan keterlibatan iklan pada Instagram lebih efektif 10 kali lipat dibandingkan Facebook. Apalagi setelah hadirnya fitur reels yang merupakan konten video pendek. Merasa kesulitan membuat Instagram reels? Beberapa cara ini akan memudahkan kamu.
Cara Membuat Reels Instagram Tanpa Ribet
Reels pada Instagram resmi dirilis pada tahun lalu, awalnya durasi video pendek ini hanyalah 15 detik namun sekarang menjadi 60 detik. Layaknya iklan di tv yang memiliki waktu terbatas, reels efektif digunakan untuk iklan.
Menggunakan reels Instagram tergolong sangat mudah, tidak jauh berbeda ketika ingin update story. Setidaknya ada empat langkah yang bisa kamu ikuti untuk membuatnya sebagai berikut:
1. Membuka Aplikasi Instagram
Langkah pertama adalah dengan membuka akun Instagram di smartphone. Ingat meskipun Instagram bisa dibuka di komputer namun untuk membuat reels kamu harus mengaksesnya melalui ponsel.
Pastikan juga bahwa sudah mengizinkan aplikasi Instagram untuk mengakses kamera. Jika belum tinggal ubah saja di menu pengaturan ponsel. Setelah login kamu akan diarahkan ke halaman dashboard atau home kemudian swipe ke arah kanan.
Setelah melakukan swipe kamu akan langsung diarahkan ke halaman untuk membuat stories.
2. Mengatur Halaman menjadi Reels
Halaman pertama setelah swipe selalu diarahkan ke stories oleh karena itulah kamu harus mengubahnya ke menu reels. Pada bagian bawah layar ponsel yang bertuliskan story, kamu bisa menggeser ke arah kanan.
Maka beberapa menu akan muncul dan carilah menu reels. Maka kamu akan masuk langsung ke halaman reels Instagram dan bisa digunakan. Pada halaman ini kamu akan menemukan beberapa menu di samping kiri layar.
3. Membuat Reels dengan Kamera
Selanjutnya karena sudah terhubung dengan kamera, maka layar juga akan memperlihatkan hasil tangkapan kamera. Kamu bisa langsung klik menu Reels untuk merekam gambar. Setelah klik maka perekaman akan berjalan hingga 60 detik.
Namun jika sudah memiliki rekaman video sebelumnya bisa langsung swipe layar ke atas. Maka Instagram akan menghubungkan langsung dengan galeri di ponsel. Tinggal langsung pilih mana video yang ingin dibuat reels.
4. Melakukan Pengaturan Reels
Terakhir kamu bisa melakukan pengaturan reels Instagram agar konten menjadi lebih menarik. Baik itu menambahkan audio, mengatur waktu atau durasi hingga filter. Semuanya sudah tersedia lengkap dan disesuaikan dengan kreasi kamu.
Kunci utama menarik atau tidaknya sebuah reels Instagram tergantung bagaimana kamu mengeditnya. Jadi tidak perlu kesulitan untuk mengedit melalui aplikasi lainnya. Sesaat sebelum upload, kamu bisa mengeditnya di aplikasi Instagram.
Apabila reels sudah sesuai keinginan bisa langsung klik Next dan tuliskan caption. Terakhir kamu tinggal pilih menu Upload.
Mengenal Fitur dalam Instagram Reels
Mengetahui jenis fitur dan cara menggunakannya dengan benar akan membantu kamu dalam menciptakan konten reels lebih menarik. Instagram sudah menyediakan beberapa fitur yang tidak hanya tersedia pada reels tetapi juga story hingga post.
Apa saja fitur yang disediakan dalam reels Instagram untuk kamu gunakan bisa simak berikut ini.
1. Fitur Audio
Pada bagian deretan di kiri layar saat masuk menu reels, paling atas sendiri kamu akan menemukan fitur audio. Fitur ini jika diklik akan mengarahkan kamu ke perpustakaan musik tersendiri.
Di sinilah kamu akan menemukan banyak jenis pilihan lagu untuk digunakan. Bahkan ada segmen tertentu yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Jika kurang puas dengan daftar musik di perpustakaan kamu juga bisa menggunakan audio yang sudah direkam sendiri.
2. Fitur Timer
Bagian ini ada di deretan menu kedua setelah audio. Fungsinya adalah untuk mengatur pengambilan video baik langsung dengan kamera atau file yang sudah dipilih. Kamu akan tahu secara detail berapa waktu yang digunakan untuk setiap gerak dan ekspresi dalam konten.
Apakah kamu akan mengambil video 60 detik atau lebih sedikit bisa langsung terlihat. Perhitungannya dilakukan secara mundur dan terlihat jelas angka detiknya.
3. Fitur Kecepatan
Berhubungan dengan waktu, ketika kamu merekam video terlalu lama dan ingin mempercepatnya bisa juga menggunakan fitur kecepatan. Kamu bisa mempercepat video 1 kali hingga 5 kali, tinggal pilih mana yang dibutuhkan.
Menunya juga tersedia di samping kiri layar. Misalnya kamu ingin membuat konten time lapse video memasak maka fitur ini wajib digunakan. Tinggal sekali pilih maka video akan berjalan lebih cepat.
4. Fitur Filter
Setiap konten reels Instagram kerap menggunakan filter yang akan mempercantik tampilannya. Apakah kamu ingin membuat konten menjadi lebih aesthetic, horor, semuanya lengkap tersedia.
Tinggal klik menu dengan ikon bintang di deretan kiri layar. Maka akan diarahkan langsung ke pilihan aneka filter. Sekali klik maka filter akan langsung aktif. Jika ingin mengganti filter tinggal ulangi langkahnya sekali lagi.
5. Fitur Emoji, Teks, Stiker
Tidak hanya filter, reels Instagram juga bisa ditambahkan dengan emoji, stiker dan juga teks. Menu ini ada di bagian bawah filter dan cara penggunaannya sama tinggal sekali klik saja.
Penambahan emoji, teks, stiker ini akan sangat bermanfaat karena memberikan keunikan serta lebih menarik. Khususnya jika kamu ingin mengarahkan pengguna untuk klik link tertentu.
Tips Membuat Reels Instagram Cepat Viral
Konten berkualitas menjadi cara untuk mendapatkan like lebih banyak hingga engagement. Oleh karena itu, reels yang dibuat juga harus berkualitas. Bagaimana cara membuatnya, beberapa tips berikut ini patut kamu coba.
1. Menggunakan Multi Clip
Tips yang pertama, kamu perlu memanfaatkan pembuatan konten dengan multi klip. Itu artinya ada banyak video yang bisa kamu gabungkan sehingga hasilnya lebih kreatif. Misalnya konten liburan, kamu bisa menggabungkan beberapa klip dengan angle berbeda.
Semakin banyak video menarik tentunya jadi hal unik yang bisa disuguhkan kepada pengguna Instagram. Pastikan saja kamu sudah memiliki koleksi video terbaik untuk digabungkan.
2. Pemilihan Audio Viral
Reels Instagram tidak hanya bergantung pada video saja tetapi juga audio. Oleh karena itu saat memilih audio pastikan akan menambah kekuatan pada konten. Suara bisa meningkatkan pengalaman pengguna jadi lebih nyata dengan konten.
Audio yang sedang viral bisa kamu manfaatkan supaya konten kamu banyak disukai. Tapi sekali lagi, sesuaikan juga audio dengan konsep konten sehingga tidak bertolak belakang. Tujuannya adalah konten jadi lebih viral dengan audio yang banyak digunakan.
3. Konten Menarik di 3 Detik Pertama
Durasi reels Instagram bisa mencapai 60 detik namun bukan berarti kamu harus membuatnya dalam jangka waktu tersebut. Jika terlalu panjang namun konten terasa lama pengguna juga akan jenuh melihatnya.
Kamu bisa fokus pada konten di 3 detik pertama untuk menarik lebih banyak perhatian sehingga pengguna akan menonton hingga akhir. Aturan 3 detik pertama ini sangat efektif sehingga konten kamu semakin viral.
Misalnya saja kamu bisa menambahkan kata-kata yang membuat penasaran atau pesan utama yang ingin disampaikan tanpa bertele-tele.
4. Buat Konten yang Orisinal
Semakin orisinal konten dan kreatif akan membuatnya beda dengan dari yang lain. Pastikan bahwa konten adalah hasil dari kreatif sendiri, tidak menjiplak atau sekedar ikut-ikutan. Lebih parah lagi kamu hanya mengambil video dari konten lainnya.
Supaya konten orisinal kamu bisa menentukan terlebih dahulu konsep apa yang ingin dibuat dan pesan apa yang ingin disampaikan. Apakah konten berhubungan dengan memasak, olahraga, traveling dan masih banyak lagi.
5. Memaksimalkan Typography
Tidak semua reels Instagram menggunakan teks, namun teks bisa membantu memperkuat konten. Kamu bisa menambahkan informasi teks di video dan pastikan sudah sesuai dengan konsepnya.
Tidak perlu takut teks akan mengganggu konten, karena bisa memanfaatkan typography. Ada banyak pilihan font yang bisa memberikan ekspresi berbeda-beda sehingga pesan yang ingin disampaikan menjadi lebih kuat.
Tak Hanya Reels, Strategi Digital Marketing Harus Diperhatikan
Dalam strategi digital marketing, reels Instagram baru salah satu bagian di dalamnya. Mengingat ada begitu banyak sosial media beserta fiturnya, tidak sedikit bisnis yang memanfaatkan lebih dari satu.
Dibutuhkan strategi al marketing yang tepat jika ingin membangun promosi dan brand awareness, dengan begitu eksistensi digital bisnis akan tercipta. Apa saja strategi yang perlu diperhatikan lainnya? Berikut daftarnya.
1. Strategi Konten Instagram
Ya, reels baru sebagian fitur dari Instagram, sedangkan konten di dalamnya ada begitu banyak. Mulai dari post, story, sampai dengan membuat profil yang menarik. Konten di dalamnya harus diperhatikan sesuai dengan ciri khas masing-masing fitur.
2. Strategi Konten TikTok
Mirip dengan reels, TikTok juga menjadi sosial media yang digandrungi dengan pengguna cukup banyak. Di sinilah strategi yang jitu harus diterapkan supaya menarik perhatian pengguna TikTok uang juga menjadi pasar bisnis.
3. Strategi SEO (Search Engine Optimization)
Mesin pencari seperti Google telah menjadi media yang banyak digunakan. Eksistensi bisnis akan terkenal selama berada di halaman utama mesin pencari. Dibutuhkan SEO untuk bisa membuat bisnis semakin dikenal.
4. Memasang Iklan Online
Strategi yang tidak kalah penting adalah pemasangan iklan di kanal-kanal sosial media hingga mesin pencari. Misalnya iklan di Instagram, Google, Facebook, LinkedIn, TikTok dan masih banyak lagi.
Pemasangan iklan bukan sekedar konten tetapi juga soal analisa sehingga hasilnya bisa lebih efektif dan efisien. Sudahkah Anda menerapkan semua strategi di semua sosial media hingga mesin pencari? Jika belum sekarang lah saatnya untuk bertindak.
Mempermudah Anda untuk membuat konten yang terukur, Digital Marketing Agency bisa jadi solusi tepat. Selama menggunakan jasa dari Digital Marketing Agency, kamu bisa meningkatkan traffic, leads hingga konversi pada bisnis.
Salah satunya adalah di Jago Marketing yang memiliki tim berpengalaman dan teruji pada berbagai bidang bisnis. Layanan terbaiknya mulai dari foto produk, SEO, pembuatan website hingga konten Instagram dan TikTok bisa Anda dapatkan.
Ditambah lagi adanya fleksibilitas dalam budgeting yang tidak akan membuat Anda terasa berat dalam mengontrol keuangan bisnis. Anda tinggal menyesuaikan saja kebutuhan dengan budget yang dimiliki.
Jadi jika ingin membuat reels Instagram, edit video konten, membuat website, dan yang berkaitan dengan marketing online, Anda bisa langsung ke jagomarketing.id.
Baca juga : Tips Membuat Video Reels yang Menarik