strategi pemasaran digital untuk online shop ampuh

Strategi Pemasaran Digital untuk Online Shop Ampuh

Dalam era teknologi seperti saat ini, kehidupan manusia tidak bisa dipisahkan dari berbagai aktivitas digital dengan memanfaatkan koneksi internet. Itu sebabnya, strategi pemasaran digital untuk online shop ampuh kini penting untuk dipertimbangkan dalam bisnis.

Hampir semua bisnis kini bisa dijalankan dengan sistem online atau digital guna menjangkau target pasar yang lebih luas atau mendapatkan jumlah pelanggan yang lebih banyak lagi.

Apa Saja Strategi Pemasaran Digital untuk Online Shop yang Ampuh?

Berikut ialah beberapa strategi pemasaran digital untuk online shop yang bisa dilakukan untuk mengembangkan dan memaksimalkan bisnis yang akan dijalankan:

1. Menentukan Proposisi Nilai Unik (UVP)

UVP merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut nilai unik dari suatu barang dan jas yang mampu menarik minat dan perhatian konsumen untuk membeli ataupun menggunakannya.

Hal ini menjadi langkah pertama yang harus dilakukan dalam pemasaran bisnis. Pahami dengan baik apa yang menjadi kelebihan dan keunikan dari bisnis atau jasa yang Anda kembangkan dalam sebuah industri.

Keunikan dalam hal ini menjadi unsur pembeda produk Anda dengan produk sejenis mengingat persaingan termasuk suatu hambatan dalam berbisnis.

Selain memahami dengan baik terkait produk Anda, diperlukan juga melakukan riset kompetitor market atau pengamatan terkait apa jenis produk dan bagaimana pesaing menampilkan produknya kepada calon pelanggan.

Setelah kedua hal tersebut terpenuhi, maka Anda bisa mulai menentukan siapa target pelanggan dan apa yang mereka inginkan terhadap produk yang Anda buat.

2. Memanfaatkan Eksistensi Online

Memanfaatkan jaringan digital atau online merupakan salah satu strategi pemasaran digital untuk online shop. Cara ini menjadi satu-satunya cara yang dinilai paling efektif dibandingkan saluran pemasaran yang lainnya.

Salah satu cara mudah yang bisa dilakukan yakni melalui pembuatan website bisnis yang memiliki tampilan konsisten dan informatif serta mudah untuk dipahami oleh pelanggan.

Dalam sistem website juga bisa dicantumkan saluran untuk daftar email list atau subscribe guna membangun database dengan pelanggan.

Melalui database ini nantinya pelanggan bisa memperoleh informasi terkait update produk ataupun diskon secara teratur.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan media sosial sesuai dengan target pasar yang diincar untuk memasarkan produk. Seperti misalnya produk dengan target pasar remaja, maka instragram menjadi platform yang tepat.

Berbeda ketika target pasar Anda berusia lebih dari 35 tahun dan berada di luar kota, maka Facebook ialah platform yang tepat untuk digunakan.

3. Memilih Nama Brand yang Mudah

Memilih merek atau nama brand juga menjadi hal yang harus dipertimbangkan dalam mengembangkan pemasaran digital. Usahakan untuk memilih nama brand yang mudah diucapkan dan diingat.

Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan istilah yang memiliki makna tertentu agar brand lebih mudah diingat oleh konsumen. Semakin sering brand Anda diperbincangkan dalam masyarakat, maka semakin cepat pula produk yang ditawarkan menyebar secara luas.

4. Menampilkan Foto, Video dan Deskripsi Produk yang Menarik

Strategi pemasaran digital untuk online shop tidak bisa terlepas dari tampilan visual sehingga menyajikan foto dan video produk dalam bentuk paling menarik ialah suatu keharusan dalam berbisnis.

Melalui foto yang menarik, maka Anda tidak membutuhkan banyak kalimat untuk mendeskripsikannya. Dengan kata lain, foto yang ditampilkan sudah bisa bicara sendiri melalui refleksi gambar yang ditampilkan.

5. Menawarkan Promosi Menarik

Menawarkan promosi spesial juga termasuk dalam strategi pemasaran digital yang kini banyak diminati oleh pelanggan. Itu sebabnya, Anda bisa menerapkan sistem promosi ini dengan tetap mempertimbangkan perolehan untung rugi.

Jangan sampai dengan sistem promosi yang menarik, Anda justru mengalami kerugian. Dengan begitu, pemberian promosi ini bisa dilakukan secara berkala atau tidak sering-sering seperti misalnya saat peringatan hari-hari besar tertentu.

Itulah 5 strategi pemasaran digital untuk online shop ampuh yang bisa Anda terapkan. Beberapa strategi di atas bisa Anda terapkan dengan mudah dengan bantuan jagomarketing.id.

Anda juga bisa melakukan konsultasi gratis terkait pengembangan bisnis Anda melalui dengan menghubungi di nomor 081390777205 .

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Sekarang