SEO merupakan salah satu teknik dari digital marketing yang kini harus diperhatikan dalam pengembangan usaha pada era saat ini. Lantas apa itu SEO dan cara mudah memahaminya untuk para pemula?
Dengan menerapkan SEO, traffic yang kamu terima bisa diperoleh secara gratis. Bahkan apabila traffic tersebut mempunyai intensi untuk convert, maka SEO dapat meningkatkan conversions yang membuat bisnismu semakin berkembang.
Bila tidak ada SEO, bukan tidak mungkin bisnis yang dijalani akan terhenti. Untuk informasi, kini Google adalah salah satu search engine dengan pasar terbesar di antaranya mesin pencari lainnya, seperti Yahoo, Baidu, dan sebagainya. Jadi, akan sangat disayangkan apabila kita tidak maksimal dalam menerapkan SEO.
Mengenali Apa itu SEO dan Cara Mudah Memahaminya
Namun untuk para pemula yang baru turun ke SEO merasa kebingungan dalam mempelajari SEO demi melebarkan sayap usahanya. Apakah terlebih dahulu mereka perlu belajar tentang keyword research, ataukah harus menguasai JavaScript terlebih dahulu.
Nah, untuk dapat mengatasinya, kami akan membahas berbagai cara yang tentunya dapat kamu terapkan untuk lebih mudah mempelajari SEO.
Memahami definisi SEO secara cermat
Dilihat secara garis besarnya, SEO (Search Engine Optimization) menurut Neil Patel adalah suatu proses dalam membantu konten atau situs yang kamu miliki untuk bisa menempati peringkat ataupun halaman pertama pada mesin pencari Google.
Google ini sendiri seperti yang kita ketahui adalah situs mesin pencari yang terbesar saat ini. Neil pun mengungkapkan fakta bahwa sebanyak 75 persen pencarian secara online mayoritas bermula dari Google.
Aneka macam kata kunci telah dipakai oleh sebagian besar pengguna dalam mencari segala informasi dari Google. Contohnya, mereka akan mencari informasi untuk merakit PC, tentunya mereka akan menulis keyword seperti “cara merakit PC” dan sebagainya.
Tentunya maksud dari pencarian pengguna pada suatu kata kunci harus dipahami secermat mungkin. Hal inilah yang dimaksud dengan Search Intent. Dari sini SEO akan melakukan upaya supaya konten yang kamu buat menempati peringkat atas pada mesin pencari.
Untuk itu pilihlah kata kunci yang pas dan perhatikan kualitas dari konten yang dibuat. Sehingga dapat menjawab segala pertanyaan dari pengguna.
SEO ini tentu saja tidak akan berhenti jika situs sudah menempati halaman ataupun peringkat pertama di mesin pencari. Ranking yang semakin meningkat itu nantinya harus dapat membawa traffic sehingga tujuan bisnis dari situsmu akan tercapai.
Mengenali cara kerjanya
Memahami bagaimana SEO bekerja juga wajib diperhatikan, supaya dalam pembuatan kontennya kamu dapat memuaskan search engine hingga para pengguna. Seperti yang diketahui bahwa Google memiliki jutaan situs yang menawarkan berbagai jenis informasi. Nah, tugas dari mesin pencari ini yaitu untuk meninjau situs-situs tersebut dan menentukan situs mana saja yang kontennya berkualitas dan relevan.
Adapun untuk cara kerjanya adalah sebagai berikut:
- Crawling: menemukan berbagai konten di mesin pencari. Kemudian konten-konten yang berkualitas dan relevan dengan kata kunci yang dicari akan ditentukan oleh crawler.
- Indexing: setelah itu informasi dari konten tersebut akan disimpan dan diproses oleh Google. Tahap ini sangat penting untuk pengguna situs dalam memperbaiki websitenya agar Google bisa mengindeks dengan sempurna.
- Ranking: kemudian Google akan membuat peringkat untuk page yang sesuai dan berkualitas pada peringkat terbaik. Jadi, hasil tersebut akan diurut berdasarkan tingkat kesesuaian sebuah konten beserta kualitasnya.
Mempelajari segala aktivitas kunci SEO
SEO sendiri terdiri dari 3 jenis aktivitas yang harus dipelajari. Diantaranya:
- On page content optimization
Aktivitas ini adalah upaya dalam mengoptimalkan situs dari konten yang dibuat. Saat membuat konten tentu saja kamu tidak hanya menulis artikelnya saja. Akan tetapi, juga perlu memperhatikan hal-hal lainnya, seperti SEO tittle, keyword, internal link, meta description, permalink, hingga video dan gambar. Jika konten dimaksimalkan, tentunya akan lebih mudah diindeks Google dan potensi untuk berada di halaman pertama mesin pencari lebih tinggi.
- Technical SEO
Di tahap ini, berbagai aspek teknis SEO seperti page speed, sitemaps, XML, indexing, crawling, dan structured data harus dipelajari. Teknis ini penting untuk dikuasai agar para pengguna mempunyai experience yang baik dari situsmu. Tidak hanya itu, dengan mempelajarinya membuat website kamu lebih muda untuk diindeks dan dicrawl oleh search engine.
- Off page optimization
Apabila on page lebih mengarah pada memaksimalkan situs dari segi teknis maupun konten, maka off page akan memaksimalkan situs dari luar. Salah satu caranya yaitu dengan link building. Cara kerjanya yaitu dengan menaruh tautan yang berasal di website lain. Di mana tautan ini akan mengarah ke website kita atau backlink.
Pastikan cara yang dipakai dalam mendapatkan tautannya harus sesuai dengan panduan yang diberikan oleh Google. Hal itu supaya Google bisa mempercayainya. Jika tingkat kepercayaan situsmu semakin tinggi, bukan tidak mungkin peluang untuk berada di halaman pertama mesin pencari Google akan semakin besar.
Belajar keyword research
Proses ini adalah pencarian kata kunci yang sesuai pada topik yang sedang dicari oleh pengguna melalui mesin pencari. Dalam pencariannya, kamu dapat memakai berbagai tools berbayar, contohnya SEMrush, Ahrefs, atau Google Keyword Planer. Tidak hanya itu, kamu juga dapat memanfaatkan sosial media dan Google Trends yang bisa dipakai secara gratis.
Tentunya proses ini akan sangat membantu kontenmu dalam mendapatkan ranking yang tinggi di SERP. Sebagai gambarannya, terdapat berbagai macam kata kunci yang harus diketahui:
- Transactional: kata kunci untuk melakukan transaksi pembelian.
- Informational: kata kunci untuk menggali berbagai informasi dari search engine.
- Navigational: kata kunci yang sering digunakan pengguna jika ingin mengakses sebuah situs namun tidak mengetahui domainnya.
Memahami SEO tools
Selain mempelajari segala fundamental SEO, tentunya kamu juga harus mempelajari macam-macam tools yang akan menunjang kegiatan SEO. Dengan tools ini, kamu akan mampu membaca dan mengolah data dengan baik, hingga meriset dengan cermat para kompetitor. Tidak hanya itu, aktivitas SEO yang sedang dijalankan akan dipermudah apabila memakai tools ini.
Untuk SEO tools yang akan digunakan, berikut adalah pembahasan mengenai fungsi-fungsinya:
- Google Analytics: bermanfaat dalam memonitor arus masuk traffic ke sebuah website. Selain itu, juga untuk menentukan keyword potential dan bounce rate.
- Google Search Console: tools satu ini berfungsi dalam mencari keyword potential dari situs dan melakukan sitemap hingga indexing.
- Screaming Frog: tools ini berfungsi untuk memonitoring permasalahan yang sedang terjadi dalam situs dan melakukan crawl untuk situsmu.
Itulah lima cara yang dapat kamu terapkan apabila ingin mempelajari SEO. Jika ingin mengetahui lebih dalam apa itu SEO dan cara mudah memahaminya, silahkan kunjungi kami di https://jagomarketing.id/ atau konsultasi langsung dengan menghubungi no WA admin 081390777205. Di sana kamu akan memperoleh banyak ilmu yang disampaikan oleh orang-orang yang sangat berpengalaman di bidang SEO.
Baca juga : Manfaat SEO untuk Website dan Kemajuan Bisnis