Apakah kalian pengguna baru aplikasi instagram? Jika iya, maka artikel ini akan sangat berguna karena akan memberikan kalian tips – tips yang bagus seputar pembuatan caption instagram lucu dan menarik. Tips ini juga bisa diikuti oleh kalian para pengguna lama, jadi baca dengan seksama ya!
5 Tips Bikin Caption Instagram Lucu dan Menarik
Membuat caption memang suatu hal yang sangat mudah jika kalian tidak memperhatikan beberapa unsur. Namun, jika kalian mau memperhatikan beberapa komponen atau unsur dalam pembuatan caption instagram, maka postingan kalian akan menjadi lebih menarik dan lucu untuk dibaca. Hasilnya adalah akan ada banyak sekali audiens yang tertarik dengan konten postingan kalian.
Beberapa tips yang bisa kalian ikuti adalah dengan menunjukkan branding dari bisnis kalian, jadilah diri kalian sendiri, mengenali lebih dalam target audiens kalian, jangan menulis caption bertele – tele, jangan ada kesalahan mengetik, gunakanlah CTA, emoji, hingga hashtag.
1. Menunjukkan Branding dari Bisnis Kalian dan Jadi Diri Sendiri
Ketika hendak melakukan pemilihan kata – kata di dalam caption, sebaiknya kalian harus melakukan perencanaan terlebih dahulu. Perencanaan ini pastinya harus sesuai dengan identitas dari pribadi perusahaan atau identitas dari diri kalian sendiri agar branding yang kalian lakukan dapat menarik dan bersifat komersial sehingga bisa tepat sasaran. Kata pertama yang harus kalian cari adalah sapaan khas sehingga dapat menciptakan pandangan pertama yang menarik perhatian.
Bagi kalian yang ingin membuat caption yang lucu dan menarik untuk brand bisnis atau diri kalian sendiri, sebaiknya kalian menggunakan kata – kata dari bahasa sehari sehari. Alasan mengapa bahasa sehari – hari harus kalian digunakan adalah karena bahasa sehari – hari memiliki sifat yang populer, ringan, dan juga sopan. Jangan lupa memilih kata – kata untuk sapaan yang mudah diingat agar semakin menarik. Di sisi lain, bagi kalian yang ingin menciptakan karakter yang berwibawa untuk branding bisnis sebaiknya menggunakan caption dengan gaya bahasa yang formal, jelas, ringkas sehingga akan tampak lebih elegan.
Kemudian bagi kalian yang bekerja di perusahaan di bidang food and beverage, sebaiknya memilih caption yang singkat untuk menjelaskan produk agar menarik. Selain itu gunakanlah bahasa yang santai dan emoji yang bahagia dan bergembira. Jangan lupa masukkan promo terbaru dan gunakan sapaan sehari – hari yang kesannya mendekatkan seperti gengs, kamu, bro, sahabat, sis, dan lain sebagainya.
2. Mengenali Lebih Jelas Target Audiens
Hal ketiga yang harus kalian perhatikan adalah audiens yang akan kalian tuju. Dalam proses pemasaran suatu brand di media sosial, sangat diperlukan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dari pada audiens. Oleh karena itu kalian harus melakukan riset terlebih dahulu secara mendalam untuk mengenali siapa saja audiens yang memiliki minat tinggi terhadap konten kalian. Setiap audiens memiliki karakter yang berbeda dimulai dari gender, lokasi, hingga usia.
Kalian harus menyesuaikannya dengan karakter audiens dengan melakukan pendekatan interaksi melalui caption. Sebaiknya gunakan caption dengan kalimat yang menghibur dan santai jika target audiens kalian adalah para remaja. Gunakanlah kalimat kekinian juga agar dapat dengan mudah dipahami oleh audiens.
3. Jangan Menulis Caption Bertele – Tele dan Jangan Ada Kesalahan Mengetik
Hal ketiga yang harus kalian perhatikan adalah informasi yang akan kalian sampaikan. Jangan pernah mencoba menulis caption dengan kalimat yang panjang dan bertele – tele. Sebaiknya, ketika menulis caption haruslah memberikan informasi yang penting dan cerita yang menarik sehingga para audiens akan cepat paham dan menangkap informasi yang sudah kalian berikan. Oleh karena itu kalian harus memastikan terlebih dahulu bahwa narasi yang akan kalian berikan merupakan narasi yang mampu menarik minat para followers.
Tips yang bisa kalian lakukan adalah dengan memanfaatkan kalimat pertama untuk menentukan maksud dan pesan dari caption tersebut. Sebaiknya, dalam menulis caption terdiri dari minimal 2.200 karakter. Dalam tulisan caption tersebut harus menggabungkan unsur emoji, teks, hingga hastag.
Selanjutnya adalah penting untuk meminimalisir sedemikian rupa kesalahan dalam penulisan kata di caption atau juga disebut sebagai typo. Tujuannya adalah untuk mencegah munculnya mispersepsi sehingga menimbulkan suatu pro dan kontra di postingan apalagi jika berkaitan dengan informasi kejadian atau bahkan nama tempat. Oleh karena itu sangat dianjurkan bagi kalian untuk membaca kembali secara teliti dan memperbaikinya sebelum mempostingnya.
4. Menggunakan CTA (Call To Action)
CTA (Call To Action) merupakan sebuah ajakan secara langsung yang ditulis di caption postingan yang bertujuan untuk mengajak pada pembaca atau audiens untuk memberikan reaksi. Reaksi yang diberikan bisa berupa partisipasi, tanggapan, hingga keikutsertaan dalam melakukan suatu tindakan. Penerapan CTA dalam tindakan bisa berupa berbagi pemikiran audiens hingga ajakan diskusi atas suatu kejadian yang sedang berlangsung atau pertanyaan yang sedang ditanyakan sehingga memancing ketertarikan para audiens di kolom komentar terhadap suatu produk.
CTA ini juga memiliki dapat dilakukan dengan cara lain yaitu dengan mengajak secara langsung untuk mengunjungi website atau pun menghubungi kontak pada akun bisnis perusahaan. Kalian bisa memancing para audiens untuk mengklik tautan yang sudah kalian pasang di bio instagram profil akun kalian. Jangan lupa juga sertakan tautan tersebut pada gambar atau video postingan sehingga para audiens akan lebih terarahkan.
5. Menambahkan Emoji dan Hashtag
Penggunaan fitur emoji atau emoticon dapat membantu membuat caption kalian menjadi menarik. Hal yang harus kalian catat adalah penggunaan emoji haruslah secukupnya dan tidak boleh berlebihan. Jangan lupa untuk sesuaikan dengan situasi karena fungsi emoji sendiri adalah untuk menggambarkan emosi, suasana hati, sebagai pencair suasana, sarana komunikasi agar terlihat ramah, hingga menjadi penguat pesan.
Kemudian bagi kalian yang ingin memperluas ruang lingkup dan menambah jangkauan penonton baru, kalian bisa menggunakan fitur hashtag. Fitur hashtag ini merupakan SEO khusus yang ada di instagram. Kegunaannya adalah untuk mengaitkan dengan konten pada postingan dengan tema yangs serupa. Atau di sisi lain ketika kalian menggunakan hastag, konten kalian bisa masuk dalam perbincangan trending di instagram.
Ada pun beberapa tips yang harus kalian ikuti seperti menaruh beberapa hashtag yang sesuai dan simple di akhir caption secukupnya. Di instagram sendiri, batas maksimum penggunaan hashtag dalam satu postingan adalah 30 hashtag. Jumlah yang sangat disarankan adalah tiga, empat, hingga lima hashtag dalam satu postingan. Apabila kalian menggunakan hastag terlalu banyak, maka akan terdeteksi sebagai kegiatan spamming.
Membuat Caption Instagram Lucu dan menarik akan terasa lebih mudah jika kalian memperhatikan unsur dan komponen yang telah disebutkan di atas. Oleh karena itu kalian sebagai pemilik akun harus cermat dan teliti dalam mengelola akun. Bagi kalian yang ingin belajar mengenai digital marketing, kalian bisa mengunjungi https://jagomarketing.id/.
Baca juga : Cara Membuat Desain Feed Instagram Mudah dan Bagus