Bicara kegiatan promosi tentu tidak dapat dipisahkan dengan media digital, lalu apa saja media promosi digital yang efektif ? Media promosi digital menjadi sangat penting sebagai perantara antara pembeli dan penjual. Calon konsumen membutuhkan informasi seputar produk, oleh karena itu media promosi diperlukan untuk memberi informasi seputar produk.
Apa Saja Media Promosi Digital Yang Efektif ?
Media Sosial
Era digital saat ini, media sosial menjadi kebutuhan bagi banyak orang untuk menyerap berbagai informasi. Hal ini sangat bagus untuk dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis. Beberapa media sosial yang bisa digunakan sebagai media promosi seperti Facebook dan Instagram.
Fitur-fitur di sosial media bisa digunakan sebagai sarana promosi sebuah produk. Fitur seperti Instagram Stories dan Live bisa menjadi media yang pas untuk memberikan informasi seputar produk kepada konsumen. Selain itu juga terdapat layanan ads pada media sosial seperti Facebook Ads dan Instagram Ads yang otomatis mengiklankan produk Anda pada media sosial.
Online Marketing
Kegiatan marketing menjadi ujung tombak dari sebuah bisnis. Kegiatan marketing juga sangat baik untuk dilakukan secara online. Marketing secara online dinilai mampu menjamah konsumen secara luas.
Beberapa platform online seperti Google Adwords dan Google AdSense merupakan salah satu media online marketing. Google Adwords akan membantu promosi Anda dengan cara menempatkan iklan pada mesin pencariannya. Sebagai contoh, Anda ingin mengiklankan produk sepatu, maka iklan Anda akan muncul apabila Anda mencari kata kunci sepatu di Google.
Selain Google AdWords juga ada Google Adsense. Pada layanan ini, iklan produk Anda akan muncul pada halaman web. Jika cukup menarik, maka akan banyak orang yang akan mendatangi halaman produk Anda.
Email Marketing
Sebelum era sosial media, email marketing adalah media marketing yang pertama kali digunakan saat era digital muncul. Dengan e-mail marketing, maka Anda sebagai seorang pebisnis akan bisa menginformasikan tentang macam-macam program diskon terbaru, produk kekinian, perubahan operasional dari pembelian, dll.
Melalui email yang dikirim, konsumen akan mengetahui informasi terkini seputar bisnis Anda. Jika tertarik, maka pelanggan akan mengklik banner yang muncul pada email. Setelah itu pelanggan akan diarahkan ke laman perusahaan dan melakukan transaksi pembelian.
SEO
Sama halnya dengan email marketing, SEO (Search Engine Optimization) muncul pada awal era digital. SEO mampu menjadi media promosi dengan cara membawa artikel terkait produk Anda pada puncak mesin pencarian dalam waktu singkat.
SEO sering disebut dengan media promosi organic karena melakukan promosi melalui pengoptimalan situs dan artikel. Cara kerja SEO ada pada penyisipan kata kunci SEO pada artikel blog perusahaan.
Influencer
Berkembang pesatnya media sosial, memunculkan sebuah profesi baru yaitu influencer. Seorang influencer dapat Anda jadikan sebagai salah satu media promosi bisnis Anda. Seorang influencer biasanya memiliki banyak pengikut di media sosialnya, sehingga mampu menjangkau banyak konsumen di media sosial. Para influencer dapat mempromosikan melalui postingan foto, video, dan story.
Beberapa media promosi digital di atas juga merupakan bagian dari digital marketing, yaitu strategi penjualan melalui media digital atau online. Penggunaan media promosi digital membutuhkan cara dan strategi yang benar sekaligus akurat.
Saat ini sudah banyak beberapa jasa yang menawarkan promosi melalui digital marketing. Salah satunya jagomarketing.id yang merupakan sebuah jasa layanan digital marketing terpercaya dan professional di bidangnya. Setelah mengetahui apa saja media promosi digital yang efektif ? Anda dapat memilih berbagai media promosi seperti SEO, Social Media, Video, dan Website di http://jagomarketing.id/ , sesuai dengan kebutuhan marketing Anda.
Baca juga : Memahami Apa Pentingnya Melakukan Digital Marketing SEO
Untuk informasi lebih lanjut mengenai digital marketing, SEO dan lainnya, hubungi: 081390777205