Pembuatan Media Sosial Instagram untuk Usaha

Pembuatan Media Sosial Instagram untuk Usaha

Instagram menjadi salah satu media sosial yang populer hingga saat ini. Selain untuk mencari hiburan, manfaat pembuatan media sosial Instagram untuk usaha yaitu sebagai sarana atau media dalam mempromosikan bisnis yang sedang dijalankan. Kamu bisa menggunakan Instagram untuk memperkenalkan produk-produk yang ingin ditawarkan. 

Pemasaran produk melalui Instagram dapat menjangkau hingga ke luar negeri. Karena pengguna dari Instagram itu sendiri dari berbagai macam negara. Hal ini dapat meningkatkan laba penjualan dari bisnis kamu. Kamu bisa memanfaatkan momentum ini untuk meraup keuntungan yang lebih dan mencari konsumen lebih banyak lagi.

Manfaat pembuatan media sosial Instagram untuk usaha agar dapat memberikan peningkatan keuntungan 

Manfaat Instagram

Berikut ini beberapa manfaat Instagram dalam dunia bisnis untuk menunjang keberhasilan bisnismu. Manfaat tersebut antara lain:

1. Jangkauan yang Luas 

Sudah diketahui, bahwa pengguna Instagram itu sendiri tidak hanya dari Indonesia melainkan dari berbagai belahan dunia. Penggunanya pun sudah banyak dan dari tahun ke tahun semakin meningkat pesat.  

Banyaknya pengguna tersebut dapat menjadi target dalam pemasaran produkmu.  Dan kamu hanya perlu menyusun strategi yang tepat dalam mempromosikannya. Karena hal inilah, Instagram menjadi salah satu media terbaik yang dapat kamu pilih dan gunakan untuk mempromosikan produkmu. 

2. Mudah dalam Mempromosikan Produk

Banyak fitur yang disediakan oleh Instagram untuk digunakan dalam mempromosikan produk.  Fitur tersebut salah satunya yaitu video, stories dan reels yang dapat kamu gunakan untuk mempromosikan produk secara beragam.

Dalam konten tersebut, kamu juga bisa menambahkan keterangan yang berisikan tentang produk itu sendiri. Dengan fitur tersebut, kamu bisa menghemat biaya Promosi karena pembuatan video atau stories tersebut tidak memakan biaya alias gratis. 

3. Fitur Nomor Telepon dan Email

Dalam akun bisnis, Instagram juga menyediakan fitur yang dapat meletakkan nomor telepon atau email yang dapat dihubungi oleh konsumen. Nomor atau email tersebut digunakan untuk melakukan pemesanan lebih lanjut dan melakukan pembayaran produk. Konsumen dapat melihat keterangan nomor atau email tersebut di bio profil Instagram. 

4. Fitur Insight dalam Mengoptimalkan Strategi Pemasaran 

Selanjutnya fitur yang disediakan oleh Instagram yaitu fitur insight. Fitur ini dapat memberikan informasi dan digunakan untuk mengukur hasil iklan yang telah kamu Lakukan. Biasanya informasi tersebut berupa pengunjung profil, jenis kelamin, jumlah, lokasi, umur dari followers dan masih banyak lagi.

Kamu bisa melakukan evaluasi secara berkala untuk mengembangkan strategi yang akan digunakan ke depannya. Strategi tersebut harus sesuai dengan keinginan followers agar mereka lebih berminat. 

Untuk pengaksesan fitur ini sangatlah mudah. kamu hanya perlu membuka halaman profil kemudian pilihlah tulisan insight yang berada di bawah bio akunmu. Jika kamu ingin melihat kenaikan followers, kamu bisa memeriksanya dipilihan “total pemirsa”. Sedangkan jika kamu ingin melihat nilai lainnya, kamu bisa memeriksanya sesuai data yang diinginkan 

Adanya fitur ini kamu bisa merencanakan dan mengoptimalkan strategi pemasaran yang lebih baik berdasarkan data-data yang telah diperoleh tersebut. Pastikan foto atau video yang ingin dibuat sesuai dengan minat dan kesukaan followers.

5. Dapat Meningkatkan Penjualan

Instagram dapat meningkatkan penjualan merupakan salah satu manfaat yang paling utama. Manfaat inilah yang menjadikan banyak pebisnis menggunakan Instagram untuk menunjang promosi produknya.

Tentu saja dengan menggunakan Instagram, penjualan dari bisnis kamu akan meningkat karena pengguna Instagram sangatlah banyak. Dan dalam pembuatan akun Instagram, kamu tidak perlu membayar biaya sepeser pun.

6. Dapat Membangun Hubungan Baik dengan Konsumen

Dari segi keterikatan, Instagram memiliki persentase lebih tinggi daripada media sosial yang lain. Persentasi tersebut hingga mencapai 3% yang berarti interaksi di dalamnya baik. Selain digunakan sebagai sarana promosi, Instagram juga dapat digunakan untuk mempererat hubungan dengan followers kamu. 

Dengan adanya hubungan baik tersebut, kamu bisa mendapatkan pelanggan yang loyal ketika sedang mengalami ekonomi dan penjualan yang tidak stabil. Untuk mendapatkan hubungan baik dengan pelanggan tersebut, pastikan kamu bisa memberikan komentar balik yang unik dan lucu. Selain itu gunakan juga hashtag yang keren dan dapat menarik perhatian followers.  

7. Lebih mengenal Followers

Selain dapat membangun hubungan baik dengan konsumen, Instagram juga dapat kamu manfaatkan untuk mengenali karakter dari followers itu sendiri. Mungkin saja kamu belum memahami karakter dari followers yang dapat menjadi target market kamu. 

Dalam hal ini, kamu dapat memanfaatkan fitur analytic. Fitur ini dapat membantumu dalam memahami siapa konsumen dengan lebih mendetail. Biasanya fitur ini akan memberikan data demografi dan berbagai data lainnya yang dapat kamu manfaatkan. 

Kamu bisa mendapatkan data lebih detail seperti usia, konten kesukaan, lokasi dan masih banyak lagi. Hal ini bisa menjadi bekal kamu dalam mengembangkan bisnis ke arah yang lebih baik.  

8. Produk atau bisnis terlihat lebih profesional dan terpercaya

Dalam dunia bisnis, memiliki brand yang profesional dan terpercaya menjadi salah satu keinginan semua orang. Salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk memenuhi keinginan tersebut yaitu dengan menggunakan Instagram. 

Memilih menggunakan Instagram juga dapat menjadikan pengguna lain yang melihat profil atau akunmu akan merasa lebih yakin dengan produk yang ditawarkan. Mereka juga akan berpikir bahwa produk tersebut dikelola dengan tim yang profesional. 

Pastikan menambahkan deskripsi di bio berupa nomor yang dapat dihubungi agar calon konsumen tidak berpikiran bahwa bisnis Anda adalah penipuan. Karena saat ini banyak sekali penipuan yang mengatasnamakan bisnis.

9. Memaksimalkan Datangnya Followers Baru

Kamu bisa memaksimalkan datangnya followers baru dengan tampilan akun yang terlihat profesional dan terpercaya. Akun bisnis yang terlihat meyakinkan dan memiliki konten yang menarik dapat membuat followers baru semakin yakin dengan bisnis yang sedang kamu jalankan.

Bahkan followers tersebut dapat menjadi konsumen tetap jika produk yang kamu tawarkan sesuai dengan minatnya. Calon konsumen tersebut juga bisa membantumu dalam mempromosikannya kepada teman atau kenalannya. 

10. Dapat Bekerja Sama dengan Pihak Lain

Jika bisnismu sudah dikenal oleh banyak orang, tidak menutup kemungkinan kamu bisa menjalin kerja sama dengan pihak lain. Contohnya seperti pihak pengiriman yang dapat memberikan diskon dalam pengiriman barang. Dan pihak bank yang dapat memberikan kemudahan dalam pembayaran.

Dua hal tersebut dapat menjadi keuntungan dalam bisnis agar konsumen merasa lebih mudah dalam melakukan pemesanan dan pembayaran. Karena hal tersebut dapat memberikan image positif terhadap konsumen. 

Itulah beberapa manfaat pembuatan media sosial Instagram untuk usaha yang sedang kamu jalankan. Namun penggunaan Instagram tersebut tidaklah cukup untuk mempromosikan produk kamu secara lebih luas. Kamu bisa menggunakan jasa digital marketing dengan mengunjungi halaman ini https://jagomarketing.id/  untuk menunjang bisnismu agar lebih berkembang. 

Kamu bisa menjangkau konsumen dan pasar baru secara online. Selain itu kamu juga bisa meningkatkan kredibilitas dari bisnis melalui website, konten sosial media dengan hasil yang optimal. Dengan menggunakan jasa tersebut, kamu bisa memberikan strategi digital seperti konten Tiktok, Instagram dan media promosi lainnya.

Tertarik menggunakan jasa dari Jago Marketing langsung hubungi saja no WA admin di 081390777205.

Baca juga : Jasa Pembuatan Media Sosial Instagram

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Sekarang