Apabila kamu bekerja sebagai admin sosial media, sering kali dilanda rasa lelah dalam mengelola akun tersebut. Jika hal tersebut telah terjadi, maka segeralah memanggil dan memakai jasa media sosial Instagram dalam bisnis jasa.
Dengan adanya partner kerja, tentunya usahamu akan menerima banyak keuntungan. Baik dari pelayanannya hingga apa saja yang bisa dijadikan daya tarik dari produk maupun jasa yang diberikan dalam perkembangan bisnis.
Tidak hanya itu, kamu juga tidak harus dipusingkan dengan pemikiran-pemikiran yang akan dilakukan ke depannya terkait akun sosial media yang kamu pegang. Apabila kamu hendak mencari rekan kerja untuk mengurus akun, sebaiknya hubungilah perusahaan terkait di bidang ini.
5 Manfaat Memakai Jasa Media Sosial Instagram dalam Bisnis Jasa
Pastinya terdapat banyak manfaat yang dirasakan jika menggunakan tenaga ahli dalam mengatur media sosial. Adapun untuk manfaatnya, lihatlah uraiannya di bawah ini!
1. Menghemat waktu dan tenaga
Saat ini teknik marketing secara digital dinilai lebih menarik dibanding dengan cara manual. Karena dengan memakai sosial media, khususnya Instagram tenaga dan waktu yang digunakan akan lebih hemat. Kamu hanya harus melakukan promosi dari satu layar dengan berbagai pasar yang ditargetkan.
2. Mempercepat teknik pemasaran
Selain lebih hemat tenaga dan waktu, memakai jasa sosial media juga dinilai lebih cepat dalam memasarkan produk ke khalayak luas. Karena dengan memasarkan produk usaha menggunakan sosial media, tentunya bisa menghilangkan segala batas yang terdapat dalam promosi offline.
3. Menjaring konsumen baru dan mempertahankan konsumen lama
Pelaku usaha tentu saja sangat menginginkan kedatangan pengunjung baru dalam sebuah bisnis. Manfaat ini pastinya bisa kamu rasakan setelah memakai jasa untuk mengelola sosial media untuk keberlangsungan usaha. Jadi tidak heran apabila semakin banyak usaha yang memakai jasa untuk mengelola akun media sosial mereka.
Tidak hanya itu, kita juga harus memberikan pelayanan terbaik guna mempertahankan pengunjung lama. Contohnya merespon dengan cepat untuk berbagai pertanyaan yang dilontarkan konsumen. Jangan lupa juga untuk memberikan kualitas terbaik supaya kepuasan pelanggan terhadap produk maupun jasa yang diberikan senantiasa meningkat.
4. Membangun target pasar
Agensi sosial media selalu melayani klien supaya bisa mempromosikan sebuah produk secara luas. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menciptakan target pasar yang sesuai. Tentunya itu sangat penting, karena untuk menentukan target pasar apa saja yang pas untuk ditembus oleh produkmu. Misalnya jika ingin merebut perhatian audiens berusia remaja, maka buatlah produk yang berbau Korea.
5. Meningkatkan popularitas yang tengah dikembangkan
Seiring berjalannya waktu, popularitas dan rating usahamu bisa semakin meningkat apabila memakai jasa dalam mengelola sosial media untuk keperluan bisnis. Karena, website menjadi pencarian utama yang berada di halaman-halaman awal pada mesin pencari. Jika begitu, akan banyak pengguna yang membanjiri usahamu dan tentunya keuntungan yang didapatkan akan maksimal.
8 Tips mengelola media sosial untuk bisnis
Setelah mengetahui manfaat yang didapatkan dari layanan jasa tersebut, kini saatnya mengetahui bagaimana langkah tepat dalam mengatur sosial media untuk keperluan bisnis. Diantaranya:
1. Membentuk tim pengelola
Dengan dibuatnya tim khusus untuk mengelola akun media sosial dalam kegiatan promosi, membuat strategi komunikasi jadi lebih mudah. Kamu dapat mengontrol tim dengan melakukan pergantian shift pada waktu-waktu tertentu. Kamu hanya harus membuat pedomannya, supaya tim bisa mengelola dengan konsisten.
Kehadiran tim ini dinilai penting, sebab sangat tidak mungkin pekerjaan yang cukup besar ini hanya dilakukan oleh satu orang saja. Bekerja secara tim tentunya akan lebih ringan dalam mengelolanya, sehingga usahamu akan selalu aktif. Sebab, suatu usaha idealnya harus memiliki sifat responsif di setiap saatnya.
2. Membuat komitmen
Bagi sebagian orang, mengelola akun sosial media dalam suatu bisnis bisa menjadi tantangan sendiri dan tentunya memerlukan waktu yang cukup lama. Sebelum memulainya, pastikan seluruh anggota tim menganggap bahwa pekerjaan ini adalah prioritas. Komitmen tersebut bisa menjadi pengingat bahwa para anggota bertanggung jawab besar dalam menjembatani calon konsumen untuk mengunjungi usaha yang dijalani.
3. Menentukan tujuan
Aturlah strategi dengan tujuan yang terukur dan jelas. Jangan sampai mengaplikasikan sosial media tanpa adanya tujuan dan rencana yang jelas. Pikirkan secara matang bagaimana dengan memanfaatkan marketing ini, brand awareness dari produkmu bisa meningkat. Supaya lebih mudah saat dievaluasi, maka tingkatan keberhasilan strategi yang dibuat juga harus terukur. Untuk itu ciptakanlah tujuan yang cukup menantang namun tetap bisa digapai.
4. Membuat kalender konten
Mayoritas perusahaan faktanya masih belum mengerti sepenuhnya mengenai kanal marketing mandiri. Dalam mengelola kanal ini, tentunya tidak bisa sembarangan dalam memposting apabila akan menciptakan suatu komunitas konsumen yang loyal dan aktif. Buatlah jadwal merilis konten secara keseluruhan dalam jangka waktu tertentu. Selain itu, rencanakan juga kapan dan di mana konten tersebut dirilis.
5. Membuat konten menarik
Setiap pelaku usaha selalu dituntut untuk kreatif ketika membawakan konten supaya orang-orang dapat tertarik dengan produk atau jasa yang dijual. Di internet ada banyak sekali konten marketing. Jadi, kamu tidak boleh ketinggalan untuk menyajikan konten kreatif dan segar supaya dapat menonjol diantara kompetitor.
6. Mendengarkan konsumen
Sosial media menawarkan platform terbuka sehingga membuat para pelaku usaha bisa berkomunikasi secara 2 arah bersama konsumennya. Jadi selain untuk promo, bisa juga sebagai wadah dalam mendengarkan konsumen.
Gunakanlah sosial media ini dalam memahami konsumen dan apa yang sedang mereka butuhkan. Pendekatan semacam ini selain bisa memahami konsumen, tetapi juga menjadi kesempatan supaya konsumen jadi lebih loyal.
7. Passion
Mengupload konten-konten baru secara rutin adalah salah satu tantangan terbesar untuk pengelola sosial media. Untuk itu, pelaku usah perlu mempunyai passion dalam bisnis yang dijalani. Hal itu cukup penting supaya pengusaha tetap semangat dalam mencari gagasan-gagasan baru untuk sosial medianya. Saat pengusaha dan timnya mempunyai passion yang berkaitan, maka brainstorming ide yang dilakukan jadi lebih mudah.
8. Monitor
Mengatur sosial media tidak berhenti pada pembuatan strategi komunikasi dan konten untuk bisnis saja. Kamu juga harus mengamati perkembangannya dengan rutin dan mengadakan evaluasi secara sistematis. Dari sini kamu bisa mengukur sejauh mana tingkat keberhasilan yang didapatkan. Lakukanlah kegiatan monitor ini secara reguler, supaya perkembangan yang terjadi bisa diketahui.
Dengan menerapkan kegiatan monitoring ini, kamu juga bisa menganalisa strategi mana saja yang terbukti efektif dan kurang efektif, feedback apa saja yang diberikan konsumen, kapan waktu yang tepat untuk mengupload konten baru, hingga strategi yang perlu dilakukan di kemudian hari berdasarkan data yang ada.
Demikianlah manfaat dari memakai jasa untuk mengelola sosial media dalam berbisnis, sekaligus tips tepat dalam mengatur akun media sosial bisnis. Jagomarketing.id adalah situs yang menyediakan Jasa media sosial Instagram dalam bisnis jasa. Jika ingin memesan jasa dari sini hubungi saja no WA admin 081390777205 dan kamu akan mendapatkan jasa yang profesional dan berpengalaman.
Baca juga : Jasa Optimasi Instagram untuk Tingkatkan Traffic dan Sales