Dalam sebuah bisnis, promosi menjadi salah hal yang penting dan harus dilakukan agar suatu produk dapat dikenal oleh banyak orang. Promosi tersebut juga bisa dilakukan melalui jasa media sosial Instagram dalam bisnis barang. Biasanya penyedia jasa tersebut akan memberikan konten terkait produk yang kamu berikan.
Kamu juga bisa meraup banyak keuntungan dari followers yang dimiliki penyedia jasa. Karena pada era sekarang ini, hampir semua orang memiliki sosial media Instagram. Jadi, Instagram dapat menjadi salah satu tempat untuk memperkenalkan bisnismu agar lebih dikenal banyak orang.
Manfaat menggunakan jasa media sosial Instagram dalam bisnis barang
Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dapat kamu rasakan ketika menggunakan Instagram dalam Bisnismu.
1. Dapat Menjangkau Konsumen Lebih Luas
Sudah diketahui bahwa hingga kini banyak orang yang tertarik untuk menggunakan Instagram. Bahkan ada banyak pengguna yang rata-rata menghabiskan waktunya hingga lebih dari 50 menit untuk berselancar di Instagram.
Nah, artinya kamu mempunyai kesempatan besar untuk menjangkau calon konsumen yang belum mengenal bisnismu sebelumnya. Karena itulah Instagram menjadi salah satu platform terbaik untuk meningkatkan brand awareness dan brand recognition.
2. Dapat meningkatkan angka penjualan
Tidak hanya untuk mempromosikan, Instagram juga dapat membantu itu bisnismu agar mengalami peningkatan penjualan. Sepertiga pengguna Instagram seringkali melakukan pembelian secara langsung melalui platform ini. Jadi, kamu bisa memanfaatkannya untuk bisnis yang sedang kamu jalankan.
Instagram juga dapat membuat bisnismu dikenal bahkan bisa menembus pasar Internasional karena penggunanya dari berbagai macam negara. Dengan begini, kamu bisa mengalami kenaikan yang signifikan dari penggunaan Instagram tersebut.
3. Memudahkan Mempromosikan Suatu Produk
Instagram juga memberikan berbagai macam fitur fungsional yang bisa memudahkan kamu untuk mempromosikan dan mengenalkan suatu produk. Fitur-fitur tersebut seperti Instagram promote Posts, Shoppable Tags di Instagram Stories, Instagram Shopping dan HyperLink di Instagram Stories.
Fitur-fitur ini memiliki kegunaan masing-masing yang dapat membantumu dalam berinteraksi sekaligus promosi. Manfaatkanlah fitur-fitur tersebut untuk menunjang bisnismu agar lebih sukses lagi.
4. Dapat Membangun Hubungan Baik dengan Konsumen
Instagram memiliki engagement rate hingga mencapai 3% lebih tinggi dibandingkan platform lain. Sehingga kamu bisa memanfaatkan untuk berinteraksi dan menjalin hubungan dengan para konsumen.
Misalnya hanya sekedar menjawab keluh kesah mereka di kolom komentar, memposting pertanyaan pada stories, membangun komunitas melalui hashtag, hingga memaksimalkan user generated content (UGC).
Semua hal tersebut bisa kamu lakukan agar para konsumen dapat merasa dianggap kehadirannya dan diperhatikan. Sering-seringlah untuk berinteraksi agar followersmu lebih betah dan selalu memantau akun Instagrammu.
5. Mengetahui dan mengenali konsumen
Selain berinteraksi dengan konsumen, kamu juga harus mengenali konsumen agar hubungan kalian bisa terjalin lebih dalam. Instagram juga dibekali dengan fitur analytics yang berfungsi memuat data demografi dan perilaku penggunanya.
Beberapa data yang bisa kamu analisis seperti jenis kelamin, usia, lokasi, konten jenis apa yang disukai konsumen, akun siapa saja yang mereka ikuti dan masih banyak lagi. Data-data tersebut dapat kamu manfaatkan menjadi referensi yang sangat berguna untuk membuat rencana konten Instagram selanjutnya.
Buatlah konten yang menarik agar konsumen merasa ingin tahu dan menaruh perhatiannya pada produkmu. Dan perlu diingat, kamu juga harus mengembangkan strategi kampanye marketing bisnis kamu secara keseluruhan.
6. Mengoptimalkan Visibilitas Online
Jika kamu menggunakan strategi yang tepat, Instagram bisa dimanfaatkan untuk mengoptimalkan visibilitas online. Misalnya kamu bisa menggunakan hashtag untuk membuat sebuah konten yang mudah ditemukan di halaman explore Instagram.
Selain itu, Instagram juga menawarkan elemen tambahan bagi akun bisnis. Elemen tambahan tersebut yaitu kamu bisa membuat profil terlihat semakin profesional dan dapat memikat hati konsumen. Contohnya seperti info kontak, website, kategori bisnis dan lain sebagainya
Kelebihan dan Kekurangan Instagram
Meskipun Instagram banyak penggunanya, platform satu ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang harus kamu ketahui. Kelebihan dan kekurangan Instagram tersebut antara lain:
Kelebihan:
1. Mudah Dioperasikan
Instagram juga menyembuhkan kemudahan dalam pengoperasian. Sehingga banyak orang yang minat karena memiliki tampilan yang mudah dimengerti dan memiliki media yang cepat. Contohnya seperti memasang video atau foto, mengikuti, berkomentar hingga searching yang relevan dengan hashtag pun dapat dilakukan dengan mudah.
2. Gratis
Gratis menjadi salah satu alasan utama banyak orang menggunakan Instagram. Karena tidak perlu mengeluarkan biaya sedikitpun untuk mendownload aplikasi atau membuka situsnya. Berbeda dengan website yang harus mengeluarkan biaya untuk menyewa domain.
Karena hal itulah banyak toko online pemula yang memilih untuk menggunakan Instagram sebagai tempat promosi mereka.
3. Memiliki Banyak Pengguna
Karena memiliki banyak fitur dan mudah dalam mengoperasikannya, Sehingga Instagram menjadi salah satu aplikasi Favorit banyak orang. Instagram dikeluarkan Sudah bertahun-tahun lalu, namun Hingga kini penggunanya pun semakin. Hal itu menjadi salah satu keuntungan bagi pebisnis online untuk mempromosikan dan memasarkan produknya nya.
4. Dapat Terkoneksi dengan Sosial Media Lain
Meskipun Instagram banyak diminati daripada platform lain, tapi Instagram juga bisa terkoneksi dengan media sosial lain seperti Facebook, WhatsApp, Twitter, tiktok dan masih banyak lagi. Hal ini sangat memudahkan dalam bisnis karena kamu tidak perlu lagi mengunggah konten pada media sosial lain.
5. Media Utamanya Berupa Foto
Instagram memberikan kualitas dan tampilan foto yang baik sehingga sangat cocok dijadikan media promosi. Promosi tersebut pada umumnya akan menggunakan foto atau video. Kamu pun juga dapat dengan mudah memposting foto atau video yang berisikan tentang produk-produk yang kamu miliki.
kekurangan:
1. Spamming
Instagram juga rawan terkena spamming karena kemudahan yang diberikan dalam hal berinteraksi. Biasanya spamming dapat ditemukan dalam kolom komentar.
2. Harus Selalu Update
Instagram memiliki timeline yang berjalan dengan cepat seperti halnya dengan media sosial lain. Sehingga mengharuskan pemilik bisnis harus selalu memperbaharui foto produknya agar tetap dapat dilihat oleh calon konsumen.
3. Transaksi Kurang Praktis
Awalnya, Instagram tidak dibentuk untuk sarana jual beli. Karena Hal inilah wajar saja jika transaksi yang terlihat kurang praktis ketika konsumen ingin membeli suatu produk. Untuk kamu yang memiliki usaha, jangan lupa untuk mencantumkan kontak yang dapat dihubungi untuk melakukan pemesanan lebih lanjut.
Beberapa hal itulah yang harus kamu ketahui sebelum memilih jasa media sosial Instagram dalam bisnis barang. Kamu harus sering-sering mempromosikan produk agar lebih dikenal. Kamu bisa mengunjungi halaman ini https://jagomarketing.id/ atau hubungi no WA admin 081390777205 untuk menggunakan penyedia jasa digital marketing yang profesional dan terpercaya.
Berbagai macam jenis konten media sosial dapat kamu pilih sesuai kainginan dan kebutuhan. Dengan menggunakan jasa tersebut, kamu bisa meningkatkan kredibilitas dari brand atau produkmu. Tersedia juga full service untuk mengetahui strategi yang cocok digunakan dalam bisnismu.
Baca juga : Jasa Pembuatan Konten Instagram yang Menarik