Ingin melakukan promosi di akun Instagram? Masih kebingungan mencari ide konten Instagram bisnis yang ingin dibuat? Kali ini kami akan memberikanmu beberapa Teknik dan tips untuk mendapatkan ide tersebut.
Dengan memperhatikan kemajuan bisnis dewasa ini, telah banyak perusahaan yang mempromosikan produk mereka melalui sosial media. Instagram adalah salah satu platform yang sering dijadikan wadah untuk pebisnis mempromosikan produknya.
Akan tetapi supaya tidak sekadar berpromosi, tentunya sang owner juga perlu mempertimbangkan ide konten Instagram guna menghiasi akunnya. Ini supaya traffic pada akun Instagram tidak menghilang dan para followers tidak akan terganggu pada konten promosi tersebut. Sehingga hal itu dianggap sebagai hard selling.
Teknik Menemukan Ide Konten Instagram Bisnis
Terdapat beberapa teknik yang dapat diterapkan guna memperoleh ide pembuatan konten Instagram bisnis, di antaranya:
Brainstorming
Pada teknik ini, proses penentuan ide untuk konten Instagram harus mengumpulkan berbagai ide yang tidak hanya kreatif, tetapi juga out of the box. Biasanya seluruh anggota yang ikut terlibat pada proses brainstorming harus mengeluarkan pendapatnya.
Brainwriting
Teknik untuk mendapatkan ide konten Instagram ini mirip dengan brainstorming. Hanya saja yang membedakannya yaitu pada penyampaian idenya. Jika pada teknik brainstorming penyampaian idenya dilakukan secara lisan, maka pada penyampaian ide di teknik ini melalui tulisan.
Tips Ampuh Mencari Ide Konten Instagram Bisnis
Selain menerapkan kedua teknik di atas, kamu juga perlu mengikuti beberapa tips di bawah ini supaya lebih maksimal dalam mencari dan mendapatkan ide konten Instagram bisnis.
1. Mengetahui minat audiens
Hal pertama yang perlu diketahui untuk mendapatkan ide pembuatan konten Instagram pastinya mengetahui apa saja yang diminati oleh para audiens. Tentunya ini akan sangat mudah menentukannya jika akun Instagram yang dikelola adalah akun bisnis.
Para audiens yang mengikuti suatu akun dari bisnis tertentu pada umumnya dilandasi oleh ketertarikan akan produknya. Sehingga mereka bisa merasakan berbagai keuntungan dari produk bisnis tersebut. Tidak hanya itu, setiap orang yang menjadi followers dari akun bisnis karena konten-konten yang dibuat sangat informatif, bermanfaat, dan edukatif.
Jika minat dari audiens sudah diketahui, maka kamu perlu mempertahankan atau bahkan mengembangkan value tersebut. Contohnya kamu mengelola akun bisnis yang bergelut di dunia skincare. Maka para followers dari akun sosial media tersebut mayoritas tertarik untuk melihat ide konten Instagram bisnis yang dibuat, karena isinya sesuai dengan yang mereka butuhkan.
Dengan begitu, kamu dapat menghasilkan berbagai konten tentang skincare yang sangat berkaitan dengan kehidupan followers. Baik dimulai membahas dari hal ringan Seperti tahapan dasar memakai skincare, sampai hal yang kompleks seperti kandungan yang ada pada skincare tersebut.
2. Bergabung bersama komunitas
Bergabung ke suatu komunitas juga bisa dilakukan untuk mendapatkan ide pembuatan konten Instagram bisnis. Adapun komunitas ini bisa dalam media online maupun offline. Pastinya komunitas yang kamu masuki harus sesuai dengan konsep atau bidang dari akun sosial media yang dikelola. Bahkan bisa juga menyesuaikan dengan minat para audiens.
Biasanya pada suatu komunitas akan diadakan diskusi tentang suatu topik. Tentu saja topik yang akan dibahas akan dianggap sangat menarik oleh para anggotanya. Dengan begitu, dapat disusun kembali dalam sebuah konten. Faktor itulah mengapa sangat penting untuk kita ikut serta dalam komunitas dengan tema yang tepat untuk tema pada sosial media.
3. Mengikuti trending topik yang sedang viral
Suatu hal yang sedang menjadi trend dan hangat diperbincangkan juga dapat kamu jadikan ide untuk konten Instagram bisnis lho. Tidak hanya mendapatkan banyak pembaca, topik yang viral tersebut biasanya akan lebih mudah diperoleh dan dibuat.
Akan tetapi, kamu juga perlu menyesuaikan topik viral tersebut dengan bidang bisnis yang kamu jalani. Contohnya jika kamu mengelola akun mengenai keuangan, lalu topik yang tengah viral sekarang yaitu mengenai pemilihan suatu daerah. Maka dalam konten yang dibuat, kamu bisa membicarakan tentang apa yang akan terjadi nantinya jika calon yang terpilih menjadi pemimpin. Biasanya hal Seperti itu akan mendatangkan banyak orang untuk melakukan diskusi pada kolom komentar, bahkan mereka juga akan membagikan postingan tersebut.
Namun perlu diketahui bahwa sesuatu hal yang tengah menjadi perbincangan di masyarakat tidak semuanya bisa dijadikan ide konten Instagram bisnis. Kamu tetap harus memfilter apa saja topik yang membawa dampak positif dan tidak menyebabkan perpecahan. Topik-topik yang berkaitan dengan ras, suku, agama, dan etnis tentu saja perlu kamu hindari. Pasalnya isu ini sangat sensitif dan akan berakibat buruk pada personal branding perusahaanmu.
4. Manfaatkan momentum hari khusus
Ide konten Instagram bisnis juga bisa diperoleh dari momentum hari khusus, Seperti hari besar keagamaan atau peringatan nasional. Adapun hari khusus di sini bisa juga Seperti hari ibu, hari perdamaian dunia, hari binatang, hari Kesehatan mental, hari ayah, dan momentum-momentum lainnya yang tentunya bisa kamu jadikan sebagai konten.
Nah, jika konten yang dibuat pada hari khusus tersebut ingin terlihat lebih asyik dan menarik, cobalah untuk membuka giveaway yang relevan dengan hari peringatan tersebut. Salah satunya dengan mengimbau para audiens untuk menceritakan kisah mereka yang sangat berkesan terkait hari istimewa yang tengah dirayakan.
5. Memperhatikan peristiwa di lingkungan sekitar
Berikutnya kamu juga dapat menghasilkan ide konten Instagram bisnis dengan menceritakan tentang suatu kejadian yang sedang hangat terjadi di lingkungan sekitar. Baik itu aksi demo, bencana alam, serta peristiwa-peristiwa menarik lainnya.
Contohnya pada saat masa pandemi sekarang ini, akun yang dikelola berada di bidang keuangan. Maka ide konten Instagram bisnis yang dibuat dapat dilihat dari perspektif ekonomi bahkan efek pandemi bagi perusahaan. Tidak hanya menarik, tentunya konten-konten yang demikian pastinya banyak dicari oleh konsumen. Apalagi jika metode penyampaiannya sangat ringan untuk dibaca.
Baca juga : Jasa Feed Instagram Keren Bagi Pebisnis
Apa itu insight Instagram?
Insight adalah salah satu fitur yang memberikanmu informasi mengenai followers serta konten yang menjadi favorit mereka. Dari adanya Insight, sang owner akan lebih mudah mengenali audiensnya secara lebih baik. Dengan begitu, pemilik akun bisa menghasilkan ide konten Instagram bisnis yang bisa meraih tujuan bisnisnya.
Bagaimana cara memulai bisnis di Instagram?
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuka akun Instagram bisnis. Pertama pergilah ke Pengaturan untuk mengubah akun menjadi akun professional, lalu pilihlah kategori yang sesuai dengan bisnismu. Persiapan telah selesai, kini kamu telah mempunyai akun Instagram untuk bisnis.
Menghasilkan ide konten Instagram bisnis yang kreatif memang bukan pekerjaan mudah. Jika asal-asalan membuatnya, engagement akunmu justru akan menurun. Oleh karenanya, pikirkanlah matang-matang strateginya untuk konten yang akan dibuat.
https://jagomarketing.id/ adalah situs yang dapat membantumu mencari dan mendapatkan berbagai ide konten Instagram bisnis. Kamu dapat memakai jasa profesional dari situs ini untuk mengetahui gagasan konten seperti apa yang cocok untuk bisnismu.
Baca juga : Jasa Feed Instagram Keren Bagi Pelaku UMKM