Media sosial Instagram menjadi salah satu media sosial terpopuler. Karena penggunanya dapat membagikan berbagai macam video atau foto dan bahkan dapat berinteraksi dengan sesama pengguna lainnya. Instagram juga bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan suatu produk. Kini banyak harga jasa pembuatan media sosial Instagram untuk UMKM.
Instagram memiliki tujuan yaitu memungkinkan penggunanya berbagi video atau gambar dengan kualitas yang baik. Biasanya foto atau video yang diunggah tidak banyak yang serupa karena agar lebih eksklusif. Bagi yang sedang menjalankan suatu bisnis terutama UMKM, kamu wajib banget mencoba aplikasi ini sebagai sarana untuk promosi dan mencari calon konsumen.
Fungsi fitur Instagram dan harga jasa pembuatan media sosial Instagram untuk UMKM
Sejak pertama kali dirilis, Instagram telah banyak memberikan fitur yang menguntungkan pemilik usaha atau bisnis. Fitur tersebut memiliki fungsi masing-masing yaitu:
1. Instagram Stories
Fitur pertama yang disediakan oleh Instagram yaitu Instagram Stories. Pada fitur ini kamu bisa memposting video atau foto ke dalam satu cerita. Namun, cerita tersebut akan menghilang setelah 24 jam dari waktu mengunggah. Video yang di unggah ke stories tidak akan tampil di bagian feed.
Selain itu, kamu juga bisa mengatur siapa saja yang boleh melihat postingan tersebut. Contohnya seperti teman dekat atau juga bisa mengecualikan beberapa orang agar stories kamu tidak tampil di halaman Instagram mereka.
Fitur ini menjadi salah satu tambahan terbesar yang signifikan bagi para pemilik bisnis. Karena mereka dapat mengandalkan Instagram sebagai salah satu platform untuk memasarkan produknya. Dalam Instagram Stories, kamu bisa memperkenalkan atau mempromosikan produk kamu setiap hari karena fitur ini hanya akan dilihat pada waktu tertentu saja.
Setelah waktu tersebut berakhir, video atau foto yang kamu unggah akan menghilang secara otomatis. Jadi jika produk kamu ingin dilihat oleh banyak orang, pastikan mengunggah postingan baru setiap harinya.
2. Instagram Questions
Fitur selanjutnya yaitu Instagram question yang diperkenalkan pada Juli 2018 lalu. Fungsi dari fitur ini yaitu untuk memungkinkan para pengguna menjawab pertanyaan yang diajukan oleh follower. Jika kamu mengirim suatu pertanyaan, Maka followers kamu juga bisa menulis tanggapan tentang jawaban dari pertanyaan tersebut.
Fitur ini sangat populer di kalangan public figure atau influencer. Karena bisa menjalin hubungan dengan followers dan saling bertukar cerita. Kedekatan hubungan tersebut bisa menjadi salah satu strategi untuk memasarkan produkmu agar dikenal dan dipercaya oleh banyak orang.
3. Instagram Video
Mungkin kamu sudah familiar dengan postingan video Instagram jadi banyak orang. Fungsi Instagram video itu sendiri sama halnya dengan postingan foto biasa. Dan perbedaannya hanya terletak dari durasi yang diberikan yaitu mencapai 60 detik saja.
Namun waktu tersebut sudah cukup untuk mempromosikan produk-produkmu. Jika kamu terlalu banyak menjelaskan, konsumen akan lebih cepat bosan.
Jadi pastikan memperkenalkan produk dengan keterangan yang informatif dan sejelas-jelasnya. Selain itu kamu juga bisa menambahkan lokasi, filter dan keterangan sebelum membagikannya.
Fitur Instagram video sangat besar bagi pemilik bisnis yang ingin memenangkan algoritma baru. Algoritma ini yang akan melacak keterlibatan pengguna dalam kiriman untuk menentukan apakah akan menampilkan kontenmu secara luas atau tidak.
4. Instagram Live Video
Fitur live video pada Instagram berbeda dengan fitur Instagram video. Karena dalam fitur ini, kamu akan menayangkan video secara langsung dan dilihat oleh banyak orang. Fitur ini juga bisa kamu gunakan untuk mempromosikan produk-produk yang ingin ditawarkan.
Selain itu, kamu juga bisa memberikan notifikasi tentang live video yang sedang kamu lakukan pada followers Instagram. Gunanya, agar mereka bisa menonton dan tidak ketinggalan update produk terbaru. Followers Instagram kamu juga bisa berkomentar pada streaming yang sedang kamu jalankan.
Video siaran langsung akan hilang setelah kamu mengakhirinya dan tidak akan tersimpan. Fitur ini sangat cocok untuk digunakan bagi pemilik usaha untuk membangun transparansi dan keaslian brand.
5. IGTv
Instagram TV atau biasa dikenal IGTv merupakan salah satu fitur Instagram yang dapat memberikan kemampuan untuk berbagi video yang lebih panjang. Biasanya IG TV digunakan untuk memberikan atau membagikan video yang berisi tentang diskon, event, atau produk terbaru.
Melalui fitur ini, kamu bisa menjelaskan sedetail mungkin terkait produk yang kamu tawarkan. Jadi berbeda dengan fitur Instagram video yang memiliki durasi singkat, kamu bisa menggunakan fitur ini untuk memperjelas seputar produk.
6. Tag Belanja
Pada fitur ini, memungkinkan akun bisnis dapat menandai harga pada foto produk yang ditampilkan. Pada tag tersebut, konsumen bisa langsung mengklik ke laman produk dan langsung membeli produk tersebut. Fitur ini menjadi salah satu cara yang bagus untuk menampilkan produk secara langsung dalam konten.
7. Instagram Direct
Pada fitur ini, kamu bisa berbagi video, foto, halaman hashtag, lokasi dan profil dengan satu orang atau hanya beberapa orang dalam kelompok kecil. Maksimal jumlah orang yang dapat kamu bagikan mencapai 15 orang. Fitur ini terletak di bagian kanan atas pada aplikasi Instagram yang kini berbentuk seperti panah.
8. Pemberitahuan Push pada Akun Favorit
Pada akun bisnis, kamu pasti ingin para pengikut atau followers mendapatkan pemberitahuan setiap kali kamu memposting video atau foto yang baru. Fitur ini sudah disediakan oleh Instagram tetapi banyak orang yang masih belum mengetahuinya sebab pengaturannya yang tersembunyi.
Untuk mengaktifkannya sebenarnya sangat mudah yaitu tinggal pilih icon titik tiga yang berada di sebelah kanan. Lalu, kamu harus memilih pilihan “nyalakan pemberitahuan pos” dan simpan perubahan. Dengan begini, kamu bisa menerima pemberitahuan ketika akun yang kamu ikuti memposting video atau foto.
9. Filter
Pada Instagram terdapat 40 filter yang bisa kamu kreasikan saat memposting foto atau video. Semakin hari filter tersebut semakin bertambah jumlahnya karena banyak creator yang membuatnya.
Namun sebagai akun, bisnis kamu tentu ingin konten pada akunmu memiliki sifat konsisten dalam hal gaya ataupun citra merek. Gunakan filter yang sederhana agar citra yang kamu bangun dapat bertahan.
10. Konten Geo-tagged
Menggunakan konten yang sudah diberi tanda bertujuan untuk pemasaran bisa sangat berpengaruh. Namun jika kamu mengaktifkan penandaan geo, foto atau video yang tidak kamu tandai bisa menampilkan jalan tempat kamu memposting foto tersebut.
Itulah beberapa fungsi fitur yang diberikan oleh Instagram. Untuk yang bingung dalam pembuatan akun, kamu bisa menggunakan harga jasa pembuatan media sosial Instagram untuk UMKM untuk membantu bisnismu. Jika belum mempunyai ide dalam pembuatan konten, kamu bisa menggunakan jasa digital marketing untuk mengoptimalkan dalam hal promosi.
Kunjungi halaman ini https://jagomarketing.id/ atau hubungi no WA admin 081390777205 untuk menggunakan jasa yang profesional dan terpercaya. Banyak pilihan sosial media yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Pemilihan jasa yang tepat, dapat memberikan keuntungan dalam bisnismu.