Apakah desain website Anda yang bagus masih kosong dan diisi dengan tulisan “Lorem ipsum”. Desain yang bagus akan percuma jika tidak mengandung tulisan yang menarik. Ada beberapa teknik copywriting untuk website yang benar dan bisa dijadikan sebagai pedoman.
Copywriting merupakan tulisan yang menggerakkan orang untuk menyelesaikan tindakan tertentu. Apakah Anda ingin pembaca membeli produk, membaca lebih banyak posting blog, atau memasukkan email, semuanya tergantung pada copywriting yang digunakan.
4 Teknik Copywriting untuk Website Yang Benar
1. Mulai Dengan Riset
Teknik copywriting adalah dasar yang perlu dipelajari untuk menulis copy di website. Copy yang baik selalu dimulai dengan penelitian. Ada dua area utama yang harus dilihat yaitu:
- Kompetitor – seperti apa copy atau konten yang ada di situs web kompetitor? Apa yang mereka informasikan dan bagaimana mereka mencoba membedakan dari bisnis yang serupa? Anda perlu menemukan tempat di mana copy yang ditulis dapat menonjol dari kompetitor.
- Pelanggan – apa yang dikatakan pelanggan atau pengguna? Cobalah riset mengenai apa yang biasanya diharapkan customer atau jika diperlukan, baca forum dan review pelanggan untuk memahami apa yang diharapkan oleh customer pada sebuah produk.
Setelah Anda menyelesaikan riset, Anda dapat mulai mengembangkan ide untuk memfokuskan tulisan agar menjadi konten yang menarik.
2. Buat Draf dengan Fokus Pada Konsep
Setelah menyelesaikan riset, Anda dapat mulai membuat draf untuk konten yang ingin ditulis. Setidaknya, inilah yang perlu Anda pertimbangkan saat menulis copy :
– Manfaat Lebih Penting Daripada Fitur
Orang selalu ingin tahu apa untungnya bagi mereka. Jangan fokus pada fitur, tapi tulis manfaat nyata yang terkait dengan fitur tersebut. Misalnya, jika Anda ingin menulis tentang produk facial wash, mana yang lebih penting, kandungannya atau manfaat dari produk tersebut?
Beri tahu pelanggan potensial dengan tepat bagaimana mereka mendapat manfaat daripada fitur. Copy harus berorientasi manfaat
– Tulis USP (Unique Selling Proposition):
USP biasanya merupakan beberapa teks yang paling menonjol pada halaman. Jika Anda membuat halaman arahan, USP harus menjadi judul utama atau subjudul:
– Fokus Pada Pembaca
Copywriting yang baik harus selalu fokus pada pembaca dan jika perlu, gunakan nama lain untuk menyapa supaya lebih akrab dan mereka nyaman berlama-lama untuk membaca tulisan Anda.
3. Revisi dan Koreksi
Setelah Anda menyelesaikan salinan draf konten, maka saatnya belajar ke teknik copywriting untuk website yang benar selanjutnya, yakni revisi dan koreksi. Baca lagi apa yang sudah ditulis dan hapus semua kata dan frasa yang tidak perlu dari copy Anda.
Copy yang ada di situs web harus ringkas dan memikat. Jangan ada kesalahan ejaan karena hal itu dapat mempengaruhi kinerja situs secara langsung.
Jangan lupa untuk terus menerus berlatih. Seorang copywriter tidak akan menjadi ahli hanya dalam semalam. Perlu banyak latihan dengan mempelajari dasar-dasarnya.
4. Gunakan Jasa Copywriting
Namun, jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk mempelajari dasar copywriting, maka sudah saatnya Anda mempercayakan kebutuhan bisnis Anda itu kepada agensi digital marketing terpercaya.
Dengan menggunakan agensi digital marketing, maka bisnis Anda akan terbantu dan menjadi lebih dikenal secara online. Jago Marketing merupakan salah satu agensi digital marketing terbaik yang bisa diandalkan sebagai solusi bisnis Anda.
Ingat, copywriting adalah bagian penting pada kehadiran online suatu bisnis. Jika Anda merasa tidak mampu untuk mempelajarinya, maka serahkan saja pada agensi digital marketing.
Anda tidak perlu pusing belajar teknik copywriting untuk website yang benar karena agensi akan melayani jasa copywriting terbaik untuk situs bisnis Anda.