Bisnis tour and travel kini cukup menjanjikan. Karena itu, banyak biro perjalanan bermunculan untuk memanfaatkan peluang bisnis yang besar dan menguntungkan. Ada banyak strategi promosi yang tepat untuk tour and travel.
Anda perlu memikirkan dengan matang strategi promosinya agar bisnis berjalan lancar dan tepat sasaran. Apa sajakah itu? Simak uraian lengkapnya di bawah ini.
4 Strategi Promosi yang Tepat Untuk Tour and Travel
Berikut adalah beberapa strategi yang cocok untuk bisnis tour and travel:
1. Strategi FOMO
Mempergunakan keadaan psikologis pembeli potensial adalah kunci dari strategi Fear Of Missing Out, juga dikenal sebagai FOMO. Hal ini merupakan strategi bisnis travel yang diyakini efektif mengelabui pembeli agar melakukan transaksi untuk membeli paket travel segera.
Tak heran, memanfaatkan rasa takut ketinggalan zaman membuat banyak orang membeli paket perjalanan untuk pergi ke tempat-tempat wisata baru dan memasukkan orang-orang dan teman-teman terbaru ke dalam lingkaran sosialnya.
Faktanya, cara promosi travel yang satu ini dapat menunjukkan bahwa calon pembeli telah melewatkan peluang promosi yang bagus, sehingga operator tur menawarkan opsi lain.
2. Viral
promosi yang tepat untuk tour and travel efektif berikutnya adalah membuat destinasi wisata baru Anda viral. Atau buat paket wisata berdasarkan destinasi wisata viral Anda saat ini. Sekarang ini, apapun yang viral di media sosial akan diminati oleh banyak orang.
Contohnya jika Anda menggunakan wisata HeHa Ocean View yang berada di Yogyakarta. Lokasi wisata ini sangatlah indah bak kota yang berada di luar Indonesia. Selain itu, ada banyak sekali spot foto yang keren dengan latar belakang laut.
Kemudian, beberapa tokoh berpengaruh mendatangi tempat ini dan melakukan promosi tour and travel di media sosial hingga viral. Kemudian, lokasi wisata yang terletak di Yogyakarta ini langsung ramai pengunjung.
3. Testimonial
Selanjutnya, strategiyang tepat untuk promosi tour and travel yang ampuh untuk menarik wisatawan tour and travel ini adalah testimoni atau rekomendasi dari pembeli paket wisata yang sudah pernah menggunakan jasa biro perjalanan.
Biasanya testimonial digunakan sebagai konten individual, contoh promosi tour and travel yakni dengan ulasan positif tentang layanan perjalanan yang ditawarkan. Selain itu, strategi ini merupakan hal yang paling ampuh untuk menarik banyak pembeli.
Hal ini dikarenakan bisnis jasa tidak menampilkan produk yang diberikan, melainkan menampilkan layanan yang diberikan. Pelayanan yang diberikan telah diperhatikan oleh pembeli sebelumnya.
Oleh karena itu, testimoni dari pembeli sebagai dijadikan sebagai acuan bagi calon pembeli dalam mengambil keputusan pembelian untuk produk tersebut.
4. Social Proof
Strategi promosi yang tepat untuk tour and travel yang terakhirialah dengan menggunakan social proof. Hal ini seringkali ditampilkan di situs web dengan menunjukkan siapa yang membeli paket tour and travel.
Dengan hal tersebut, secara tidak langsung meningkatkan kepercayaan calon pembeli terhadap produk yang tersedia. Diharapkan orang-orang yang terkenal di media sosial akan mempromosikan produk yang ingin dijual.
Strategi promosi wisata yang satu ini juga memberikan kesan bahwa Anda telah benar-benar menerima paket wisata dengan menampilkan informasi terbaru untuk setiap orang yang membeli barang tersebut.
Juga berguna untuk mendapatkan data terbaru tentang jumlah paket wisata yang terjual pada hari penawaran.
Untuk mempercantik dan meningkatkan strategi promosi yang tepat untuk tour and travel yang Anda miliki di laman web, bisa juga menggunakan Jago Marketing. Jasa digital marketing agency yang satu ini ampuh dan terpercaya di Indonesia untuk mempromosikan laman web Anda.