Banyaknya pengguna internet saat ini mendorong berbagai perusahaan, termasuk startup lama dan baru, untuk memprioritaskan pemasaran digital. Karena sebagian besar masyarakat menghabiskan waktu di media sosial, Anda bisa menerapkan strategi promosi online untuk bisnis startup.
Namun untuk mendapatkan perhatian konsumen, Anda harus terlebih dahulu memahami strategi digital marketing Anda. Pengiriman konten tidak hanya harus diposting secara teratur, tetapi harus direncanakan untuk hasil terbaik. Ini penjelasan lengkapnya.
6 Strategi Promosi Online Untuk Bisnis Startup
1. Menggunakan Google Adwords
Strategi promosi penjualan online yang efektif namun sangat melelahkan adalah Google AdWords dalam pemasaran bisnis startup.
Metode pemasaran ini berbayar, namun memiliki kelebihan yaitu ketika konsumen memasukkan kata kunci tertentu, bisnis Anda akan muncul di halaman pertama Google.
Namun, kelemahannya adalah jika Anda berhenti membayar iklan yang ditampilkan di Google, iklan tersebut akan hilang tanpa bekas. Urutan angka di halaman pertama juga dikenakan harga yang berbeda.
2. Memanfaatkan Influencer
Kehadiran selebriti dan tokoh yang menjadi topik hangat dan populer di media sosial tentu menjadi cara ampuh untuk menjadi strategi promosi online untuk bisnis startup.
Anda mungkin akrab dengan metode persetujuan ini, yang merupakan bentuk kolaborasi dengan influencer. Anda dapat meminta influencer untuk ulasan produk dan teks pengantar di situs web dan media sosial mereka.
Influencer memiliki kekuatan magis untuk meyakinkan pengikut tentang apa yang direkomendasikan. Pilih influencer yang tidak hanya memiliki banyak pengikut, tetapi juga memenuhi spesifikasi perusahaan startup.
Semakin banyak influencer terkenal, akan semakin tinggi harganya. Anda juga perlu mempertimbangkan sikap dan reputasi mereka.
3. Memperbanyak Konten Visual
Konsumen memiliki waktu yang lama untuk membaca ulasan panjang. Oleh karenanya, konsumen suka konten dengan lebih banyak foto. Bahkan media sosial, Anda memiliki blog yang lebih langka menggunakan artikel tanpa gambar.
Namun, otak manusia 60.000 kali cepat untuk menangani tampilan visual. Oleh karena itu, Anda perlu mengubah strategi promosi online untuk bisnis startup Anda dengan menyajikan konten visual.
Beberapa orang mengatakan bahwa semua 300 kata perlu dengan gambar. Namun, perhatikan relevansi gambar dan teks.
4. Mengoptimalisasi Penggunaan SEO
Jika sebelumnya artikel Anda ditampilkan di halaman pertama Google dan harus membayar, Anda dapat menerapkan strategi pemasaran digital Anda melalui optimasi mesin pencari.
Anda dapat menggunakan kata kunci untuk menjual produk menggunakan kata kunci turunan untuk membuat kehadiran Anda di halaman pertama Google lebih permanen.
Strategi promosi online untuk bisnis startup ini setidaknya bisa menghemat biaya pemasaran jika Anda ingin sedikit berusaha untuk membuat konten yang menarik.
Selain itu, SEO memungkinkan Anda untuk membuat produk Anda sedikit lebih lama di halaman pertama, bahkan jika pesaing Anda tidak lagi memelihara situs web yang berisi produk Anda.
5. Menjadi Viral dengan Buzzword
Buzzwords adalah topik yang sedang dibahas secara publik. Ketika datang ke strategi pemasaran online, kata kunci dapat memiliki dampak positif atau negatif pada bisnis Anda. Hal ini juga dapat membuat bisnis online Anda menjadi berhasil.
6. Menggunakan Sosial Media untuk Promosi
Pemasaran media sosial menjadi strategi promosi online untuk bisnis startup yang populer di kalangan pemula. Salah satu caranya adalah dengan membagikan konten menarik melalui media sosial.
Perlu Anda ketahui bahwa Facebook memiliki 1,4 miliar pengguna dan Twitter memiliki 302 juta pengguna di seluruh dunia. Oleh karena itu, media sosial harus dianggap sebagai media distribusi pemasaran online yang efektif.