Pengelola situs harus tahu cara mencari SEO keyword yang tepat dan volume tinggi agar mendapatkan engagement seefektif mungkin. Memiliki situs atau blog tidak cukup sampai pembuatannya saja, namun harus memperhatikan strategi dalam membuat konten juga.
Misalkan Anda membuat situs kuliner, tentunya ada banyak sekali situs kuliner di internet. Yang harus dipikirkan adalah bagaimana caranya situs Anda muncul pada halaman pertama Google dan mengungguli semua situs dengan tema serupa agar menarik pengunjung.
Empat Hal yang Harus Diperhatikan
Keyword atau kata kunci adalah ujung tombak situs Anda mendapatkan perhatian dari audiens. Terdapat empat hal yang harus diperhatikan dalam melakukan riset kata kunci, di antaranya:
1. Volume Pencarian
Volume pencarian adalah jumlah kata kunci yang dicari paling banyak di Google selama satu bulan terakhir. Untuk mencari SEO keyword yang tepat dan volume tinggi, Anda bisa menggunakan tools khusus yang sekarang sudah banyak ditemukan pada internet.
2. Tingkat Kesulitan Kata Kunci
Ketika mencari kata kunci menggunakan tools tertentu, akan muncul skala kesulitan antara 0 hingga 100. Semakin tinggi angkanya maka semakin sulit rangkaian kata kunci tersebut mencapai posisi ranking nomor satu pada mesin pencarian Google.
3. Saran Kata Kunci
Setelah menemukan kata kunci utama, biasanya tools atau alat khusus pencari kata kunci juga memberikan saran beberapa variasi kata kunci lainnya. Misal, Anda menemukan kata kunci, “Memasak Sate Ayam” kemudian ada kata kunci lainnya, “Cara Membuat Sate Ayam”.
4. SERP atau Search Engine Result Page
SERP adalah cara mencari SEO keyword berikutnya dengan strategi mengintip laman situs milik orang lain. Misal, Anda memasukkan kata kunci tertentu, maka muncul beberapa situs dengan posisi teratas berdasarkan rank Google.
Setelah tools menunjukkan berbagai situs tersebut, Anda dapat menggunakannya sebagai referensi menyusun strategi menaikkan engagement situs. Semakin banyak referensi situs dibaca, semakin matang persiapan Anda membuat website mendapatkan pengunjung.
Rekomendasi Tools Gratisan untuk Riset Kata Kunci
Untuk melakukan berbagai langkah di atas, terlebih dahulu Anda harus menemukan tools atau alat khusus riset kata kunci. Toolsnya berbentuk situs, sehingga untuk menerapkan SEO keyword yang tepat dan volume tinggi, Anda tinggal pilih salah satu situs ini:
1. Ubersuggest
Ubersuggest merupakan tool gratisan milik marketer ternama Neil Patel yang dapat Anda gunakan. Untuk menggunakannya, ketik kata kuncinya kemudian tentukan wilayah pencarian yang ditargetkan, nanti muncul rekomendasi kata kunci utama dan lainnya.
2. Google Trends
Google Trends juga sama seperti Ubersuggest, menyediakan layanan gratis kepada para pengguna dalam riset kata kunci. Anda juga bisa bebas menentukan wilayah negara target untuk mendapatkan audiens sesuai dengan kebutuhan situsnya.
3. KWFinder
Berbeda dengan tools sebelumnya, KWFinder merupakan tools yang digunakan untuk cara mencari SEO keyword yang tepat dan volume tinggi yang tidak sepenuhnya gratis. Beberapa layanan yang diberikan adalah volume pencarian, tingkat kesulitan, dan juga SERP.
4. MOZ
MOZ mengharuskan penggunanya untuk membuat akun terlebih dahulu sebelum meriset kata kunci. Setelah membuat akun, nantinya akan muncul sebanyak 10 rekomendasi kata kunci dengan gratis selama 30 hari dan harus membayar untuk hari-hari berikutnya.
5. SEMRush
SEMRush juga menyediakan akses gratisan atau trial selama 7 hari dan berbayar untuk penggunaan pada hari-hari berikutnya. Selain muncul rekomendasi kata kunci, muncul juga berbagai referensi situs yang berhasil menempati posisi rank teratas Google.
6. Answer The Public
Answer The Public merupakan tools yang digunakan sebagai cara mencari SEO keyword yang tepat dan volume tinggi berbahasa Inggris. Kami rekomendasikan tool ini untuk Anda yang menulis konten atau artikel dalam bahasa Inggris, bukan bahasa Indonesia.
7. Soovle
Soovle merupakan tool yang merekomendasikan long tail keyword atau kata kunci panjang di beberapa platform. Selain Google, Soovle juga dapat digunakan pada Wikipedia, Amazon, Bing, Youtube, Yahoo, dan juga Answer.com.
8. Google Related Search
Tools berikutnya juga milik Google yang memberikan layanan gratisan untuk semua pengguna. Tools ini memberikan rekomendasi kata kunci sekaligus long tail keyword secara real time.
9. Keyword Shitter
Rekomendasi tools terakhir ini memberikan layanan operasional sangat sederhana berikut memberikan rekomendasi kata kunci panjang juga. Anda dapat menggunakan tools ini sebagai cara mencari SEO keyword yang tepat dan volume tinggi ini secara gratisan.
Anda dapat memilih satu di antara kesembilan rekomendasi tools di atas untuk menaikkan engagement ke situs. Untuk memantapkan riset, bisa menggunakan lebih dari satu tools atau bahkan mempersiapkan dana untuk menggunakan layanan berbayar.
Rekomendasi Tools Berbayar untuk Riset Kata Kunci
Kesembilan rekomendasi alat tersebut memberikan layanan gratis, sekalipun ada yang hanya berbatas waktu. Sementara itu, tersedia pula beberapa alat berbayar yang sama sekali tidak memberikan kesempatan akses gratisan, di antaranya beberapa rekomendasi berikut:
1. Google Keyword Planner
Memberikan banyak layanan gratis, ternyata Google juga menyediakan tools berbayar untuk para pencari kata kunci. GKP menjadi sarana cara mencari SEO keyword yang tepat dan volume tinggi sekaligus bagian dari Google Adwords.
2. io
io dapat diakses dengan mudah untuk memberikan kata kunci paling akurat terhadap berbagai platform. Selain Google, io juga dapat digunakan pada Yahoo, Bing, Apple App Store, dan juga Gmail.
3. SEMRush Premium
SEMRush memberikan layanan gratisan, namun tersedia juga layanan berbayar apabila Anda menggunakan versi premiumnya. Meskipun memberikan akses gratisan, akan tetapi tentunya kualitas hasil pencarian yang diberikan berbeda.
4. Ahrefs Keyword Explorer
Ahrefs merupakan tools berbayar yang menyediakan hasil pencarian kata kunci mencapai 5 milyar dari sebanyak 200 negara dunia. Anda dapat memfokuskan pencarian pada wilayah negara tertentu maka akan muncul hasil penelusuran akurat terkait konten pada situs.
Ingin menerapkan cara mencari SEO keyword yang tepat dengan tools berbayar maupun gratisan kembali ke pilihan Anda. Pastikan pilihan tersebut sesuai dengan kebutuhan dan juga dapat dihandle secara baik apabila harus mengeluarkan sejumlah uang.
Cara Mencari SEO Keyword yang Tepat dan Volume Tinggi
Selain memanfaatkan tools, Anda juga dapat melakukan riset mandiri untuk mendapatkan rekomendasi kata kunci paling akurat. Ikuti beberapa langkah atau trik riset kata kunci berikut agar traffic web Anda semakin tinggi:
1. Mempelajari Niche
Niche adalah segmen pasar khusus untuk konten atau isi dari artikel pada situs. Ketika niche situs dipahami secara mendalam maka akan lebih matang persiapan update konten pada situs dari waktu ke waktu. Riset niche ini membutuhkan waktu cukup lama.
2. Mengumpulkan Relevansi Istilah
Tata cara mencari SEO keyword yang tepat dan volume tinggi berikutnya adalah mengumpulkan berbagai istilah relevan. Misal, konten web bertema kuliner, maka istilah relevannya adalah bakso, mie ayam, batagor, siomay, cilok, cimol, roti bakar, dan sebagainya.
3. Buat Daftar Seed Kata Kunci
Seed kata kunci adalah mengurutkan daftar web paling unggul sampai terbawah pada halaman pertama Google. Pengurutan ini dilakukan sebagai referensi membuat konten pada website Anda. Melihat gaya penulisan kompetitor dapat banyak membantu menulis konten.
4. Menganalisa Pesaing
Poin nomor empat ini merupakan pengembangan dari proses nomor 4. Menganalisa kompetitor atau pesaing secara serius dapat menjadi bekal untuk pengelola web dalam melakukan pengembangan konten.
Selain fokus pada mempelajari konten dari web pesaing, Anda juga bisa menganalisa hal-hal teknis pada situs tersebut. Kecepatan sistem turut mempengaruhi jumlah pengunjung dan mendukung cara mencari SEO keyword yang tepat dan volume tinggi dari berbagai tools.
Macam-macam Kata Kunci untuk Meningkatkan Traffic Web
Search engine optimization atau SEO adalah trik penulisan pada website untuk memaksimalkan traffic web. Search engine optimization terbagi ke dalam beberapa jenis berbeda. Jenis-jenis search engine optimization tersebut dibedakan menjadi:
1. Long Tail
Long tail atau kata kunci dengan kombinasi kata cukup panjang terdiri atas sebanyak 5 hingga 6 kata. Long tail diulang berkali-kali sesuai jumlah kata pada artikel. Tujuan dari pengaplikasian long tail agar membuat hasil pencarian lebih spesifik.
Penggunaan long tail sebagai cara mencari SEO keyword yang tepat dan volume tinggi sangat cocok untuk menjual produk secara digital. Misal, Anda memiliki produk, “Susu Kedelai Bayi Anti Laktosa” maka pencarian spesifik tersebut akan memunculkan web Anda.
2. Mid Tail
Jumlah panjang kata pada jenis mid tail ini sebanyak 3 sampai 4 kata dan diulang berkali-kali sesuai dengan jumlah kata artikel pada situs. Keunggulan mid tail juga mendeskripsikan produk atau kata kunci dengan jelas, meskipun tidak sedetail long tail.
3. Short Tail
Terakhir, short tail atau kata kunci pendek dengan jumlah 1 sampai 2 kata saja dan diulang sekian kali bergantung pada kebutuhan konten. Penggunaan short tail menghasilkan pencarian paling umum dan paling banyak digunakan oleh banyak website.
Penggunaan tools untuk cara mencari SEO keyword yang tepat dan volume tinggi menghasilkan short tail, mid tail, maupun long tail. Semakin banyak kombinasi katanya, semakin sedikit persaingan yang akan Anda hadapi.
Sebaiknya, jika ingin mendapatkan engagement lebih tinggi dan memiliki produk dengan deskripsi panjang, maka gunakan saja long tail. Namun, penggunaan long tail ini harus betul-betul teliti karena jarang dicari dibandingkan penulisan short tail di internet.
Cara Mencari SEO Keyword yang Tepat dan Volume Tinggi dengan Metode LSI
Dari berbagai kata kunci yang disebutkan di atas, long tail merupakan pilihan paling akurat untuk menaikkan traffic web. Untuk menggunakan long tail, Anda dapat menggunakan tools Google Autofill dan memperhatikan related search sebagai referensi paling akurat.
Selanjutnya untuk semakin memantapkan penggunaan LSI, Anda dapat memanfaatkan berbagai tool yang sudah kami sebutkan di atas. Strategi mencari LSI berikutnya bisa mengajukan pertanyaan pada platform terpercaya, contohnya dalam hal ini Quora.
Long tail dapat disisipkan pada beberapa bagian artikel, di antaranya judul, meta title, meta deskripsi, paragraf pertama artikel, body konten, H2, dan juga akhir artikel. Pengulangan secara tepat sesuai porsinya dapat memaksimalkan jumlah traffic website.
Sekarang sudah tidak perlu repot lagi menaikkan traffic web untuk bersaing dengan kompetitor di internet. Selain mempelajari sendiri, Anda bisa memanfaatkan jasa dari Jago Marketing. Anda bisa juga hubungi nomor WhatsApp dibawah ini dan kunjungi https://jagomarketing.id/ untuk informasi lebih lanjut.
Aplikasikan strategi jitu menaikkan traffic web secara konsisten. Serta percayakan cara mencari SEO keyword yang tepat dan volume tinggi dengan memanfaatkan jasa profesional kami, maka kami pastikan situs Anda mampu bersaing dengan para kompetitor lainnya.