Pada masa yang serba digital ini, kita perlu menggunakan strategi marketing yang tepat sehingga tidak kalah dengan kompetitor. Tidak hanya itu, kita juga harus memahami perbedaan SEO and SEM sehingga proses pengiklanan bisa berjalan dengan baik. Sebab, siapa pun pasti akan berusaha membuat situs perusahaan atau iklan tampil di halaman pertama mesin pencarian Google dan menggaet banyak pengunjung. Berikut ini adalah informasi lebih jauh mengenai perbedaan SEO and SEM yang bisa dipahami.
Perbedaan SEO and SEM
Sebelum membahas mengenai perbedaan dari SEO dan SEM, ada baiknya kita cari tahu terlebih dahulu mengenai pengertian dari kedua istilah ini. SEM atau singkatan dari Search Engine Marketing merupakan sebuah strategi marketing yang mampu membantu meningkatkan tingkat visibilitas website perusahaan agar bisa tampil di mesin pencarian. Sebagai contohnya, perusahaan terkadang memilih kata kunci yang berhubungan dengan produk agar pengguna yang ingin mencari produk tersebut dapat langsung melihat website dengan mudah.
Sementara itu, SEO atau Search Engine Optimization ini cukup berbeda dengan SEM, karena tujuannya adalah untuk memperoleh trafik yang tinggi secara organik. Tidak hanya itu, namun SEO juga berguna untuk mendapatkan trafik yang tepat sesuai dengan visi website. Meskipun begitu, SEO memiliki beberapa ketentuan tertentu yang harus diterapkan agar proses optimasi dapat berjalan dengan tepat.
Dari pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa SEO dan SEM ini memiliki tujuan yang hampir mirip dengan metode berbeda. Selain itu, ada beberapa perbedaan dari SEO and SEM lainnya yang cukup mencolok, seperti:
1. SEO Memiliki Jangka yang Lebih Panjang
Perbedaan dari SEO dan SEM yang pertama terletak pada seberapa lama iklan tersebut berlangsung di Google. Apabila perusahaan membutuhkan iklan dengan jangka panjang, maka SEO memang patut dijadikan sebagai metode untuk mengiklankan produk. Sebab, SEM hanya akan aktif secara baik selama perusahaan membayar SEM agar iklan bisa tampil di halaman pencarian.
Apabila perusahaan tidak membayar lagi atau mematikan iklan tersebut, maka iklan dengan SEM pun secara otomatis juga akan mati. Karena itu, SEM tidak cocok kepada bisnis yang membutuhkan iklan dalam waktu lama terlebih jika perusahaan tidak memiliki budget iklan sampingan. Faktor perbedaan dari SEO and SEM ini dapat membuat SEO menjadi pilihan terbaik karena strategi ini akan berkembang dari waktu ke waktu dan hasilnya pun akan bertahan jauh lebih lama.
2. SEM dapat Memilih Target Audiens dengan Baik
Faktor audiens juga menjadi faktor perbedaan dari SEO danSEM yang selanjutnya. Keduanya memang bisa dipakai untuk memahami audiens, namun Anda bisa memilih siapa target audiens yang paling tepat dengan memanfaatkan SEM. Dengan begitu, target audiens yang dituju pun akan mengetahui iklan perusahaan dengan jauh lebih baik sebab Anda bisa memilih audiens berdasarkan lokasi, umur, dan lain-lain.
3. Perbedaan Ikon di Mesin Pencarian
Perbedaan dari SEO and SEM yang paling terlihat bisa diperhatikan dari ikon yang ditampilkan di mesin pencarian. Untuk web yang menerapkan SEM akan tampil ikon ‘Iklan’ di samping kiri situs halaman, sementara untuk SEO tidak ada ikon apa pun di sekitar web tersebut.
4. Perbedaan di Harga
Seperti yang sudah diketahui, perbedaan dari SEO and SEM terletak di harga yang ditentukan. Untuk SEM, Anda harus memiliki anggaran tertentu sehingga iklan bisa tetap berlangsung dalam waktu tertentu. Berbeda dengan SEO yang bisa dilakukan dengan mudah tanpa harus mengeluarkan biaya apa pun.
5. Potensi SEO Lebih Tinggi Daripada SEM
Perbedaan SEO and SEM yang selanjutnya adalah potensi CTR SEO mampu mengalahkan SEM terlebih jika web berada di halaman pertama. Akan tetapi, apabila posisi web tersebut justru berada di luar halaman dua, maka SEM pun menjadi web dengan CTR yang lebih banyak.
6. Hasil SEM Lebih Cepat
Perbedaan dari SEO and SEM yang selanjutnya yaitu hasil yang ditawarkan oleh SEM terbilang lebih cepat. Iklan yang menggunakan SEM memang terkadang membutuhkan waktu untuk muncul, namun hasilnya jauh lebih cepat apabila dibandingkan dengan SEO. Untuk memakai SEO, perlu strategi yang cukup rumit dan hasil iklan pun bisa memburuk atau membaik tergantung dari berbagai macam faktor.
Baca juga : SEO Tools yang Sering Digunakan Agensi Digital Marketing
Apa Saja Pertimbangan dalam Memilih Penggunaan SEO dan SEM?
Setelah mengetahui perbedaan dari SEO and SEM, ada beberapa bahan pertimbangan yang harus diperhatikan dalam memilih antara kedua metode ini seperti status web, biaya, dan lain-lain. Agar menjadi lebih mantap dalam menentukan pilihan, Anda bisa mempertimbangkan beberapa hal berikut.
1. Pertimbangkan Umur Website
Apabila Anda sedang menggeluti bisnis yang masih baru dan berumur jagung, maka alangkah lebih baik untuk tetap menerapkan SEO dan SEM pada saat yang bersamaan. Penjelasan mengenai perbedaan dari SEO and SEM tadi sudah mengupas kelebihan yang dimiliki oleh kedua metode yang praktis ini, terlebih Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk memakai SEO.
2. Pertimbangkan Kompetitor
Dalam melawan kompetitor, coba lihat terlebih dahulu apa strategi yang mereka terapkan dan bagaimana performa mereka di mesin pencarian. Cari tahu apa kata kunci yang mereka pakai hingga memperoleh pencarian yang organik. Perbedaan dari SEO and SEM terletak pada sebagaimana efisien kata kunci yang diterapkan sehingga bisa muncul di Google, sehingga lebih baik Anda memilih kata kunci berbayar yang kompetitor gunakan agar bisa mengalahkan mereka.
Apakah Kegunaan SEO dan SEM untuk E Commerce?
Dalam e-commerce, SEO dan SEM ini sangat berguna untuk membantu pengguna untuk melihat produk yang dipasarkan sehingga tertarik untuk membeli produk itu. Untuk e-commerce sendiri, perbedaan SEO and SEM tidak perlu diperhatikan karena keduanya memiliki andil yang sangat berguna bagi perusahaan. Beberapa kegunaan penerapan kedua metode ini bagi e-commerce adalah:
- Produk perusahaan menjadi lebih terkenal dan tidak terpaku pada target audiens saja, namun pihak lain juga memiliki kemungkinan besar bisa melihat iklan tersebut. Dengan begitu, Anda tidak perlu kerepotan harus melakukan promo dalam skala besar. Perbedaan SEO and SEM juga tidak terlalu berarti karena keduanya mampu menguntungkan promosi produk.
- Dengan mengetahui perbedaan dari SEO and SEM, maka hal ini akan membantu meningkatkan tingkat kredibilitas bisnis. Pengunjung yang melihat produk perusahaan akan menilai sendiri nilai positif yang dihasilkan dari iklan yang sudah muncul. Dengan begitu, brand perusahaan juga akan menjadi jauh lebih mudah untuk dikenal.
Nah, itu dia perbedaan dari SEO and SEM yang bisa menjadi informasi tambahan bagi Anda yang berusaha untuk meningkatkan jumlah konsumen produk bisnis. Apabila Anda membutuhkan rekomendasi dalam menentukan SEO atau SEM bagi web, maka kunjungilah situs https://jagomarketing.id/ agar mendapatkan referensi strategi apa yang cocok untuk membuat web menjadi lebih terkenal. Dengan begitu, Anda tidak akan dipusingkan dengan metode pengiklanan yang terlalu merepotkan.
Baca juga : Manfaat SEO Checking